KPPPA: Puspa Sudah Ada Di 34 Provinsi

     Semarang, jurnalsumatra.com – Forum Partisipasi Publik untuk Kesejahteraan Perempuan dan Anak (PUSPA) yang merupakan forum partisipasi lembaga masyarakat untuk pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak sudah ada di 34 provinsi, kata pejabat Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA).
“Kehadiran kita di ruangan ini merupakan bukti nyata kita bisa bersatu menyelesaikan masalah pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak yang banyak dan kompleks,” kata Pelaksana Tugas Deputi Partisipasi Masyarakat Agustina Erni dalam Rapat Koordinasi di Semarang, Senin.
Erni mengatakan Forum PUSPA sudah terbentuk di 34 provinsi dalam waktu dua tahun dan sudah memiliki legalitas, baik berupa surat keputusan dari kepala daerah maupun dinas.
Namun, Erni mengakui masih ada di satu provinsi atau dua provinsi yang belum memiliki legalitas, karena masih dalam proses.

     “Tolong masalah legalitas diselesaikan karena cukup penting agar kita bisa bergerak. Namun, meski masih ada permasalahan legalitas, inisiatif masyarakat sangat cepat. Sudah banyak lembaga masyarakat yang dilibatkan,” tuturnya.
Erni mengatakan jumlah mitra partisipasi masyarakat terus bertambah. Pada 2016, ada 1.055 lembaga masyarakat dan bertambah menjadi 1.635 lembaga masyarakat pada 2017.
“Mudah-mudah pada 2018 bisa bertambah dua kali lipat,” ujarnya.
Erni membacakan sambutan dalam Rapat Koordinasi Teknis Forum PUSPA 2018. Acara tersebut dibuka oleh Sekretaris Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Pribudiarta Nur Sitepu.(anjas)

Leave a Reply