KPU Balikpapan Sediakan Logistik Khusus Pasien-Tahanan

     Balikpapan, jurnalsumatra.com – Komisi Pemilihan Umum Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, juga menyediakan logistik khusus, selain logistik umum yang dikirim ke tempat-tempat pemungutan suara (TPS) di lingkungan perumahan untuk Pemilihan Kepala Daerah 2018.
“Kami juga sediakan logistik yang diadakan khusus untuk pemungutan suara di rumah sakit atau puskesmas, dan rumah tahanan,” kata Komisioner KPU Balikpapan Divisi Keuangan dan Logistik Rudjito di Balikpapan, Selasa malam.
Menurut Rudjito, ada 34 kotak suara khusus yang keluar dari Gedung KPU pada Selasa pagi dan sudah sampai tujuan seluruhnya pada sore hari.
Kotak suara beserta surat suara dan perlengkapan coblosan lainnya tersebut diantar ke Markas Kepolisian Resor (Polres) Balikpapan, Kepolisian Sektor (Polsek) Pelabuhan Semayang, Polsek Balikpapan Barat, Polsek Balikpapan Timur, Polsek Balikpapan Utara, dan Polda Kaltim.
“Tapi, tahanan di lapas dan rutan tidak dikategorikan mereka yang berhak menunaikan hak pilih dengan logistik khusus ini,” kata Rudjito, seraya menambahkan bahwa logistik untuk Rutan dan Lapas Balikpapan juga sudah dikirim.

     Logistik khusus untuk fasilitas kesehatan diantarkan ke Puskesmas Manggar Baru, Mekarsari, Puskesmas Layanan 24 Jam di Kelurahan Kariangau dan Kelurahan Baru Ulu.
Berikutnya diantarkan ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Beriman Balikpapan di Gunung Malang, Rumah Sakit Bersalin Kasih Bunda di Kampung Baru Ilir, dan Puskesmas Mekarsari.
Termasuk juga penerima logistik khusus Rumah Sakit Restu Ibu, Rumah Sakit Pertamina Balikpapan (RSPB), Rumah Sakit Bhayangkara, Rumah Sakit Tentara dr Harjanto, Rumah Sakit Permata Hati Rumah Sakit Ida Kartika,  Rumah Sakit Bersalin Sayang Ibu, Rumah Sakit Hermina, Rumah Sakit TNI Angkatan Udara, Rumah Sakit Siloam, Rumah Sakit Asih di Sepinggan, dan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kanujoso Djatiwibowo.
Kebutuhan logistik untuk Pilkada Kaltim akan ada tambahan logistik khusus.
“Sore sudah selesai distribusinya ke enam kecamatan Balikpapan,” ungkap Rudjito.
Dengan layanan khusus ini, KPU Balikpapan berharap angka partisipasi pemilih bisa bertambah.
Pilkada Kaltim diikuti empat pasangan calon, masing-masing Sofyan Hasdam-Rizal Effendi dengan nomor urut 1, Syaharie Jaang-Awang Ferdian Hidayat (2), Isran Noor-Hadi Mulyadi (3), dan Rusmadi Wongso-Safaruddin (4).(anjas)

Leave a Reply