KPU Bangka Tunggu Surat Suara Dari Kudus

     Sungailiat, jurnalsumatra.com – Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung saat ini menunggu surat suara untuk Pemilihan Kepala Daerah Kabupaten Bangka 2018 yang dikirim dari PT Pura Barutama di Kudus, Jawa Tengah.
“Informasinya sudah selesai dan tahap pengiriman dari Kudus, kita juga menunggu proses pengerjaan hologram dan segelnya,” kata Koordinator Divisi Umum, Keuangan, dan Logistik Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Bangka, Iman, di Sungailiat, Senin.
Ia mengatakan surat suara dikerjakan pemenang lelang PT Pura Barutama Kudus, Jawa Tengah dan selesai dicetak 15 Mei 2018,  selanjutnya menjadi tanggung jawab PT Pos untuk mendistribusikannya.
Sesuai jadwal, pada 21 Mei 2018 pendistribusian dilaksanakan PT Pos ke Kabupaten Bangka.
Dia mengatakan waktu kedatangan surat suara ke KPU Kabupaten Bangka diperkirakan paling cepat tiga hari dan paling lambat empat hari.

“Itu tergantung kondisi penyeberangan yang akan melewati Pelabuhan Merak, Banten ke Bakaehuni, Lampung serta Pelabuhan Tanjung Si Api-api Sumatera Selatan-Tanjung Kalian, Muntok,” katanya.
Ia mengatakan setelah surat suara tiba akan dilakukan pengecekan terhadap barang yang dibungkus per koli, apabila sudah diketahui jumlahnya baru akan diperkirakan untuk pekerja yang akan melakukan pelipatan dan penyortiran surat suara di gudang KPU Kabupaten Bangka.
Jumlah surat suara yang dicetak berdasarkan Daftar Pemilih Tetap ditambah 2,5 persen surat suara cadangan adalah 205.529 surat suara, ditambah 2.000 bila terjadi pemungutan ulang.
Ia mengatakan jika ada kerusakan surat suara inti langsung dikoordinasikan ke KPU RI untuk selanjutnya KPU RI akan menghubungi pihak percetakan guna penggantian kerusakan.
Ia menambahkan surat suara akan didistribusikan ke kecamatan-kecamatan H-2 pemungutan suara.
“Kita juga sudah berkoordinasi dengan Polres Bangka ketika barang itu sudah masuk ke Pulau Bangka mereka akan langsung mengamankan bertanggung jawab penuh,” katanya.(anjas)

Leave a Reply