KPU Banyumas: Warga Antusias Cek DPT

     Purwokerto, jurnalsumatra.com – Warga Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, antusias mengecek datanya dalam daftar pemilih tetap (DPT) Pemilu 2019 melalui Posko Gerakan Melindungi Hak Pilih #GMHP, kata Sekretaris Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Banyumas Hirawan Danan Putra.
“Dari pantauan kami, ada beberapa warga yang melakukan pengecekan data melalui Posko #GMHP di tingkat desa/kelurahan maupun kecamatan, juga di KPU Kabupaten Banyumas,” katanya di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jumat.
Menurut dia, hal itu menunjukan kesadaran masyarakat untuk mengecek data pemilih guna mengetahui apakah yang bersangkutan sudah benar-benar masuk ke dalam DPT Pemilu 2019.
Ia mengatakan ada tiga hal yang dilakukan dalam #GMHP, yakni mencoret nama pemilih yang tidak memenuhi syarat seperti meninggal dunia dan berubah status menjadi anggota TNI/Polri.
Selain itu, kata dia, #GMHP juga untuk menambahkan data pemilih apabila ditemukan ada warga yang memenuhi syarat sebagai pemilih, namun belum masuk dalam DPT serta memperbaiki komponen data pemilih yang sudah masuk dalam DPT, namun masih ada kesalahan seperti penulisan nama, alamat, dan sebagainya.
“Hingga saat ini memang belum diketahui secara pasti jumlah nama pemilih yang dicoret dari DPT maupun jumlah pemilih baru karena #GMHP dilaksanakan hingga tanggal 28 Oktober 2018,” tuturnya.

KPU Banyumas: Warga Antusias Cek DPT   Hirawan mengatakan pleno daftar pemilih tetap hasil perbaikan (DPTHP) yang kedua akan dilaksanakan secara berjenjang mulai dari tingkat desa/kelurahan pada tanggal 28 Oktober-3 November 2018.
Sementara pleno DPTHP yang kedua untuk tingkat kabupaten, kata dia, dijadwalkan akan digelar pada tanggal 9-11 November 2018.
“DPTHP yang kedua itu merupakan hasil perbaikan yang dilakukan melalui #GMHP,” jelasnya.
Ia mengharapkan komisioner KPU Kabupaten Banyumas yang baru sudah dilantik oleh KPU RI saat pleno DPTHP yang kedua untuk tingkat kabupaten itu berlangsung.
Menurut dia, pihaknya hingga saat ini dalam posisi menunggu karena pelantikan komisioner KPU Kabupaten Banyumas yang baru itu merupakan kewenangan KPU RI.
“Prinsipnya, kami melaksanakan kegiatan-kegiatan untuk mendukung suksesnya Pemilu 2019. Kami berkoordinasi dengan KPU Provinsi Jawa Tengah selama adanya kekosongan komisioner KPU Kabupaten Banyumas,” ujarnya.(anjas)

Leave a Reply