KPU Baubau Verifikasi 16 Parpol

     Baubau, jurnalsumatra.com – Komisi Pemilihan Umum Daerah Kota Baubau, Sulawesi Tenggara, telah memverifikasi 16 partai politik untuk persyaratan dapat menjadi peserta Pemilu 2019.
Koordinator Devisi Hukum KPU Baubau, Edi Sabara, di Baubau, Jumat, mengatakan 16 parpol yang diverifikasi itu didasari perintah Mahkamah Konstitusi (MK) dan Bawaslu RI.
“Perintah MK 12 partai politik peserta Pemilu 2014 dan putusan Bawaslu ada empat parpol yakni partai Perindo, PSI, Partai Berkarya dan partai Garuda,” ujarnya.
Sedangkan, parpol lainnya yang telah diverifikasi yakni, PAN, Demokrat, Golkar, PKS,PBB, Gerindra,PKB, PDIP, Hanura, Nasdem, PPP, dan PKPI.
Meski telah melakukan verifikasi secara keseluruhan, kata dia, namun hasil verifikasi parpol tersebut belum bisa dijabarkan apakah memenuhi syarat atau belum, karena dalam verifikasi itu pihaknya membagi empat tim verifikasi yang masing-masing memverifikasi empat parpol.

     “Secara keseluruhan saya belum bisa pastikan karena kami terbagi empat tim, tapi yang jelas dari empat parpol yang kami verifikasi ada yang memenuhi syarat dan ada yang belum,” ujarnya.
Kata dia, setelah tahapan verifikasi faktual tersebut selesai, maka pihaknya akan menggelar pleno hasil secara keseluruhan dan penyampaian hasil pleno pada hari ini (2/2). Kemudian pada 3-5 Februari 2018 merupakan masa perbaikan.
“Jadi masing-masing parpol memperbaiki hal-hal yang bisa diperbaiki yang statusnya belum memenuhi syarat,” katanya.
Selanjutnya, kata Edi, pada 6 Februari 2018 pihaknya akan memverifikasi kembali hasil perbaikan parpol itu dan menyusun berita acara sebagai dasar KPU RI untuk menentukan lolos dan tidaknya parpol tersebut, karena sumber datanya berasal dari KPU kabupaten/kota.(anjas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 × 2 =