KPU : Belum Ada Parpol Ajukan Dokumen Bacaleg

    Buntok, Kalteng, jurnalsumatra.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Barito Selatan, Kalimantan Tengah, menyatakan hingga kini masih belum ada partai politik yang mengajukan dokumen persyaratan bakal calon anggota legislatif yang akan maju pada pemilihan umum (Pemilu) 2019 mendatang.
“Untuk jadwal pengajuan dokumen persyaratan bakal calon anggota legislatif pada 4-17 Juli 2018, namun hingga kini masih belum ada yang mengajukan dokumen persyaratan bakal calon,” kata ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Barito Selatan, Bahruddin, di Buntok, Senin.
Ia mengatakan, hingga saat ini partai politik hanya melakukan koordinasi dengan pihaknya terkait dengan pengajuan dokumen persyaratan tersebut.
“Kemungkinan parpol mengajukan dokumen mendekati akhir dari jadwal tersebut,” ucap Bahruddin.
Karena lanjut dia, masing-masing partai politik saat ini sedang melengkapi dokumen sebelum diajukan kepada pihaknya.
“Adapun untuk persyaratan dokumen pengajuan bakal calon yang akan disampaikan partai politik itu harus sesuai PKPU Nomor 20/2018 tentang pencalonan anggota DPR, DPRD Provinsi, dan anggota DPRD Kabupaten/kota,” ucapnya.
Setelah dokumen bakal calon tersebut diajukan partai politik kepada pihaknya, maka selanjutnya akan dilakukan verifikasi kebenaran, dan keabsahan terhadap dokumen syarat bakal calon dengan menyesuaikan hasil unggahan masing-masing Parpol kedalam Sistem Informasi Pencalonan (Silon) pada 5-18 Juli 2018.
Menurut dia, ada empat hal penting, dan wajib dalam pengajuan persyaratan bakal calon tersebut yakni mengisi formulir model B terkait surat pencalonan yang ditandatangani asli oleh Pimpinan partai politik di tingkat kabupaten Barito Selatan.
“Didalam formulir model B ini juga wajib dilampirkan surat keputusan pengangkatan kepengurusan di tingkat kabupaten yang dilegalisir oleh pejabat yang berwenang sesuai dengan AD/ART masing-masing partai politik,” ucapnya.

Kemudian lanjut Bahruddin, mengisi menyampaikan formulir model B1 mengenai daftar nama bakal calon yang diajukan partai politik yang didalamnya sudah tercantum data bakal calon seperti nomor urut, foto terbaru bakal calon dan lainnya.
“Berikutnya formulir B2 mengenai bakal calon yang diajukan telah diseleksi partai politik secara demokratis, dan terbuka, yang dilampiri dengan fotokopi AD/ART dan/atau aturan Internal Partai yang mengatur mekanisme itu yang dilegalisir oleh pejabat berwenang sesuai AD/ART parpol” tambah dia.
Setelah itu melampirkan formulir model B3 tentang fakta integritas yang menyatakan bahwa dalam menyeleksi bakal calon, parpol tidak mengikutsertakan mantan narapidana bandar narkoba, mantan narapidana pelaku kejahatan seksual terhadap anak, dan mantan narapidana tindak pidana korupsi.
“Kalau semua persyaratan dokumen ini sudah memenuhi ketentuan, maka dokumen yang diserahkan parpol kepada KPU Barito Selatan itu selanjutnya akan dilakukan verifikasi, terhadap kelengkapan syarat Bakal Calon yang diajukan oleh masing-masing Parpol” ucap ketua KPU Barito Selatan itu.
Jadi lanjut dia, syarat wajib yang perlu diperhatikan didalam dokumen pengajuan Bakal Calon adalah jumlah bakal calon yang diajukan tidak melebihi dari 100 persen alokasi kursi disetiap Daerah Pemilihan (Dapil).
“Untuk Dapil 1 yang meliputi Kecamatan Dusun Selatan, setiap parpol hanya boleh mengajukan maksimal sebanyak 11 orang bakal calon,” ujarnya.
Sedang bakal calon yang diajukan masing-masing parpol di Dapil 2 yang meliputi kecamatan Dusun Utara, dan Gunung Bintang Awai sebanyak 7 orang bakal calon.
Begitu juga untuk di Dapil 3 yang meliputi Kecamatan Jenamas, Dusun Hilir, dan Karau Kuala juga maksimal sebanyak 7 orang bakal calon anggota legislatif.
“Dalam pengajuan bakal calon disetiap Dapil, wajib ada 30 persen keterwakilan bakal calon perempuan, artinya dalam setiap 3 bakal calon laki-laki yang diajukan, harus ada 1 orang bakal calon anggota legislatif perempuan,” tambah Bahruddin.
Ia mengatakan, apabila syarat wajib pengajuan bakal calon yang diajukan oleh Partai Politik tidak terpenuhi, maka dokumen syarat pengajuan Bakal Calon belum dapat diterima dan akan langsung dilakukan perbaikan pada tahapan pengajuan bakal calon.(anjas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

10 + four =