KPU Belum Tetapkan Pemenang Pemilihan Gubernur Sumut

    Medan, jurnalsumatra.com – Komisi Pemilihan Umum belum menetapkan pasangan calon yang memenangkan pemilihan gubernur dan wakil gubernur Sumatera Utara tahun 2018.
Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumut Iskandar Zulkarnain di Medan, Senin, mengatakan, pihaknya masih menunggu buku registrasi perkara gugatan hasil pilkada dari Mahkamah Konstitusi.
Sesuai informasi yang diterima, Mahkamah Konstitusi akan menyerahkan buku registrasi perkara tersebut ke KPU RI pada 23 Juli 2018.
Setelah diterima dari Mahkamah Konstitusi, KPU RI akan menyampaikannya ke KPU yang menyelenggarakan pemilihan kepala daerah (pilkada) di wilayah masing-masing.
Bagi KPU yang tidak ada buku registrasi yang diserahkan Mahkamah Konstitusi itu, sudah dapat menetapkan pemenang pilkada paling lama tiga hari setelah diterima.
“Artinya, kita belum menetapkan pemenang pilkada,” katanya.
Selama ini, kata Iskandar, KPU baru hanya melakukan rekapitulasi hasil penghitungan suara pemilihan gubernur dan wakil gubernur yang digelar pada 27 Juni 2018.

Pihaknya telah mengirimkan hasil rekapitulasi penghitungan akhir pemilihan gubernur dan wakil gubernur Sumut tersebut ke KPU RI dan Mahkamah Konstitusi.
Setelah menerima buku registrasi dari Mahkamah Konstitusi tersebut, KPU Sumut akan melakukan penetapan yang harus dihadiri sesuai PKPU 2/2018.
“Kalau mereka tidak hadir, penetapannya tidak bisa dilakukan,” katanya didampingi Ketua KPU Sumut Mulia Banurea.
Menurut catatan, KPU menggelar pemilihan gubernur yang diikuti dua pasangan calon yakni pasangan Edy Rahmayadi-Musa Rajekshah (nomor urut 1) yang didukung PAN, PKS, Partai Nasdem, Partai Golkar, Partai Hanura, dan Partai Gerindra.
Sedangkan nomor urut 2 adalah pasangan Djarot Saiful Hidayat-Sihar Sitorus yang didukung PDI Perjuangan dan PPP.
Dari rekapitulasi penghitungan suara, pasangan Edy Rahmayadi-Musa Rajekshah meraih 3.291.137 suara 57,57 persen.
Sedangkan pasangan Djarot Saiful Hidayat-Sihar Sitorus meraih 2.424.960 suara atau 42,43 persen.(anjas)

Leave a Reply