KPU Bengkulu Terima Berkas 15 Calon DPD

   Bengkulu, jurnalsumatra.com – Komisi Pemilihan Umum Provinsi Bengkulu hingga hari terakhir tahapan penerimaan, telah menerima persyaratan berkas dukungan dari 15 bakal calon anggota DPD RI daerah pemilihan provinsi tersebut.
Komisioner KPU Provinsi Bengkulu, Zainan Sagiman di Bengkulu, Jumat menyebutkan semula terdapat  20 nama calon senator yang terdaftar dalam Sistem Informasi Perseorangan Peserta Pemilu (SIPPP), namun lima orang sepertinya urung ikut menyerahkan berkas dukungan pemilih.
“Penyerahan berkas dukungan sudah ditutup pada pukul, 24.00 malam tadi. Untuk perbaikan, masih diberi kesempatan satu kali 24 jam, artinya sampai pukul 24.00 malam nanti” kata dia.
Lima belas bakal calon yang telah menyerahkan berkas dukungan tersebut yakni, Ahmad Kanedi, Abdul Haris, Abdul Rauf, Hermen Malik, Barlian, Emilia Puspita, Agusti, Cupli Risman, Eni Khairani dan Elfi Hamidy, Heri Budianto, Riri Damayanti, Fatrolazi, dan Sultan B Najamudin.

“Setelah ini tahapannya adalah verifikasi berkas dukungan, dilanjutkan dengan pemeriksaan faktual data pendukung,” kata Zainan.
Pada verifikasi KPU menurut Zainan, petugas akan memeriksa apakah dalam berkas dukungan terdapat ganda internal atau pun eksternal.
Ganda internal kata dia yakni terdapat lebih dari satu dukungan untuk bakal calon dari satu bukti KTP dukungan. Sementara ganda eksternal, adanya satu KTP bukti dukungan untuk beberapa bakal calon.
“Kalau ganda eksternal langsung kita lanjutkan ke tahap faktual, masyarakat diminta verifikasinya memastikan mendukung siapa atau tidak mendukung siapapun sama sekali,” ucapnya.
Sedangkan bagi yang ditemukan ganda internal dalam berkas dukungannya maka harus mengganti dukungan baru. Satu ganda dilipatkan penggantinya dengan 50 dukungan baru.(anjas)

Leave a Reply