KPU Bondowoso Batasi Pemasangan Alat Peraga Kampanye

     Bondowoso, jurnalsumatra.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur akan membatasi pembuatan dan pemasangan alat peraga kampanye masing-masing pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Bondowoso 2018.
Setiap pasangan calon yang akan membuat dan memasang alat peraga kampanye (APK) maupun bahan kampanye (BK) harus di daftarkan terlebih dahulu ke KPU, termasuk jumlah dan ukurannya, kata Komisioner KPU Kabupaten Bondowoso Lilik Ernawati di Bondowoso, Rabu.
Ia menjelaskan setiap pasangan calon diperbolehkan membuat dan memasang secara pribadi alat peraga kampanye seperti baliho dan APK berukuran besar dan sedang lainnya sebanyak 150 persen dari jumlah APK yang difasilitasi atau dibuat oleh KPU.

Sedangkan untuk bahan kampanye seperti brosur maupun pamlet serta yang lainnya, katanya, dibatasi dan diperboleh sebanyak 100 persen dari jumlah bahan kampanye yang dibuat oleh KPU.
“Jadi, ketika KPU membuat alat peraga kampanye sebanyak 50 buah, maka pasangan calon bisa membuat 75 buah atau 150 persen dari yang dibuat KPU. Namun pembuatan dan penetapan jumlah APK dan BK masih akan melakukan rapat untuk disepakati,” tuturnya.
Menurut Lilik, untuk pemasangan alat peraga kampanye juga akan diatur oleh KPU termasuk titik-titik pemasangan alat peraga mulai dari tingkat desa hingga kecamatan dan kabupaten.
“Jadi, kalau pemasangan APK ditingkat desa maupun kecamatan tentunya akan berkoordinasi dengan kepala desa dan camat, guna menentukan titik pemasangan APK yang diperbolehkan,” katanya.(anjas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 × five =