KPU Boven Digoel mulai lakukan tahapan Pilkada 2020

Jayapura, jurnalsumatra.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Boven Digoel, Provinsi Papua mulai mempersiapkan tahapan pelaksanaan pemilihan kepala daerah serentak bupati dan wakil bupati meski dalam keadaan pandemi COVID-19.
    “Mulai 12 Juni 2020  KPU RI menetapkan Peraturan Komisi Pemilihan Umum  (PKPU) RI Nomor 5 Tahun 2020 tentang program tahapan dan jadwal, pada 15 Juni kami KPU Kabupaten Boven Digoel mulai melakukan tahapan-tahapan pilkada,” kata Ketua KPU Kabupaten Boven Digoel, Helda Ambay ketika dikonfirmasi dari Jayapura, Rabu.
    Menurut dia, pihaknya mulai dengan melaksanakan tahapan pelantikan panitia pemungutan suara (PPS) tingkat kampung. Setelah pelantikan, dilanjutkan dengan melakukan bimbingan teknis (bimtek) tentang tugas dan wewenang dari PPS.
    Kini, kata dia, KPU Boven Digoel dalam tahapan pembentukan petugas pemutahiran data pemilih (PPDP). Pembentukan PPDP ini sudah dilakukan pada 24 Juni dan akan berakhir pada 14 Juli.
    “Sementara pembentukan PPDP itu, kami juga sedang melakukan bimtek bagi 100 anggota panitia pemilihan distrik (PPD) untuk persiapan pemutahiran data pemilih atau pencocokan penelian,” ujarnya.
    “Kami juga sementara melakukan bimtek bagi panitia adhoc ditingkat distrik yang sudah dilakukan pada Senin (6/7) dan akan berakhir pada Jumat (10/7) di Aula Kantor KPU Kabupaten Boven Digoel,” katanya.
    Kemudian, menurut dia, pada Sabtu (11/7) nanti, KPU Kabupaten Boven Digoel akan melakukan bimtek bagi pengelola keuangan atau staf kesektariatan PPD dan ketua PPD dalam hal manajemen keuangan.
    “Dengan demikian agar teman-teman di kesektariatan baik itu sekretaris, anggota dan ketua dalam mengelola keuangan panitia adhoc dan itu hak teman-teman panitia dan operasional PPD dan PPS bisa tersalurkan dengan baik,” ujarnya.
    Kumudian, tambah dia, pada 11 Juli sampai dengan 14 Juli KPU Boven Digoel akan melaksanakan bimtek PPDP. Dari Bimtek PPDP ini diharapkan setelah mendapatkan bimtek, mereka tahu mekanisme kerjanya agar pada saat pemutahiran data pemilih, yaitu tahapan pencocokan dan penelitian yang akan dimulai pada 15 Juli itu bisa dapat dikerjakan dengan baik.
    “Jadi, sampai sejauh ini tahapannya sudah sampai disitu bahwa kita sementara tahap pembentukan PPDP dan juga persiapan bimtek PPDP.  Sementara ini kami fokus pada PPD yang mana PPD akan menginput PPS dan PPDP pada 11- 14 Juli 2020,” katanya.(anjas)