KPU Gorontalo Utara Siapkan “Call Centre” Pilkada

     Gorontalo, jurnalsumatra.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo akan menyiapkan “call centre” khusus pada hari pemungutan suara Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2018.
Ketua KPU Gorontalo Utara Muardi Unusa, di Gorontalo, Jumat, mengatakan call centre disiapkan bagi para kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS), agar berbagai informasi yang masuk dapat direspons dengan cepat.
Menurutnya, termasuk mengkonfirmasi dengan cepat jika menemukan permasalahan di lapangan atau tempat pemungutan suara.
Nomor call centre yang akan disiapkan belum ditentukan, kata Muardi lagi, mengingat pihaknya baru akan menggelar rapat koordinasi (rakor) terkait pembentukan tim untuk pelaksanaan hari pemungutan suara pada Rabu, 27 Juni 2018.
“Rakor akan digelar pada Sabtu, 23 Juni 2018 di Balai Pertemuan Umum Kecamatan Kwandang,” ujarnya lagi.

     Sebagaimana amanat Surat Edaran Nomor 575 untuk kebutuhan pemungutan suara, Muardi memastikan KPU kabupaten akan membentuk tim terdiri dari tim siaga KPU (logistik, teknis dan pindah pilih), tim entri data “entri dan scanning data” dan tim satuan komunikasi udara (satkom).
Tim yang dibentuk juga akan menangani berbagai laporan atau persoalan yang bisa saja terjadi pada hari pemungutan suara nanti, termasuk bekerja sama dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) kabupaten untuk merespons klarifikasi data pemilih.
KPU juga akan menyiapkan desk pemungutan suara, untuk melayani kebutuhan KPPS mulai dari konfirmasi data kependudukan pemilih hingga kendala teknis lainnya, katanya pula.
“Kami berharap, kelancaran hari pemungutan suara nanti bisa terselenggara dengan baik serta memudahkan para wajib pilih di 257 TPS tersebar pada 123 desa di 11 kecamatan, untuk menyalurkan hak suaranya,” ujar Muardi pula.
Tiga pasangan calon bupati dan calon wakil bupati peserta Pilkada 2018 kabupaten Gorontalo Utara, yaitu Indra Yasin-Thariq Modanggu nomor urut 1, Thomas Mopili-Suhela nomor urut 2, dan Roni Imran-Ismail Patamani nomor urut 3.(anjas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

6 − five =