KPU Gorontalo Verifikasi Faktual Dukungan Calon Dpd

      Gorontalo, jurnalsumatra.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) se-Provinsi Gorontalo melaksanakan verifikasi faktual terhadap dukungan bakal calon anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) guna menghadapi pemilu 2019.
“Ini sudah sesuai jadwal tahapan, bahkan batas hari terakhir verifikasi faktual itu tanggal 19 Juni 2018, beberapa hari setelah lebaran Idul Fitri 1439 H,” kata Sophian Rahmola, anggota KPU Provinsi Gorontalo bidang Divisi Perencanaan dan Data, Jumat.
Menurutnya, hingga saat ini, komisioner KPU Provinsi Gorontalo dibantu sekretariat, telah membagi lima tim untuk melakukan monitoring pelaksanaan verifikasi faktual dilapangan.
Dari hasil monitoring tersebut, ia mengakui didapati masih ada dukungan yang belum 100 persen selesai dilakukan faktual, sebab ketika ditemui mereka tidak berada di tempat.

“Ada yang keluar daerah, di kebun dan aktivitas kerja lainya, sehingga petugas yang melakukan verifikasi harus mendatangi lagi,” ujarnya.
Namun demikian apabila mereka tidak bisa ditemui hingga tanggal 19 Juni mendatang, maka KPU akan mengundang Lission Officer (LO) dari setiap bakal calon untuk membahas hal tersebut.
“Kami nantinya akan meminta LO, untuk mengumpulkan masyarakat yang telah menyerahkan dukungan terhadap calon, sesuai jumlah sampling dukungan, dan disitu kami akan melakukan verifikasi secara masal,” urainya.
Akan tetapi hingga sampai tanggal 19 Juni mereka tidak bisa dihadirkan untuk dilakukan verifikasi faktual, maka dukungan tersebut dianggap Tidak Memenuhi Syarat (TMS), namun masih ada tahap perbaikan syarat dukungan setelah calon mendaftar nanti pada 9 Juli 2018.(anjas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

7 − 2 =