KPU Hanya Pasang Tiga APK Cagub Riau

    Pekanbaru, jurnalsumatra.com – Hari pertama agenda pemasangan Alat Peraga Kampanye (APK) Calon Gubernur Riau yang maju pada Pilkada 2018, Komisi Pemilihan Umum setempat berdasarkan pantauan Antara kedapatan hanya memasang tiga baliho peserta dari empat yang ikut mendaftar.
Dari pengamatan di lokasi yang dijadikan pemasangan hanya nampak tiga baliho pasangan calon gubernur Riau yakni di Jalan Sudirman depan lapangan Purna MTQ yaitu pasangan nomor urut 2 Lukman Edy-Hardianto, nomor urut 3 Firdaus-Rusli dan nomor urut 4 Asyadjuliandi Rachman -Suyatno, sementara nomor urut 1 Syamsuar – Edy Natar Nasution tidak ada terpasang.
Seorang petugas kebersihan yang dijumpai Antara disekitar lokasi mengaku tidak terlalu memperhatikan proses pemasangan, namun merasa heran dan kecewa setelah diberitahu hanya ada tiga baliho.
“Saya tak perhatikan dipasang jam berapa tadi, dan kenapa tiga saja, ” ujar seorang petugas kebersihan taman Kota Pekanbaru, yang tidak bersedia disebutkan namanya.
“Saya sebagai warga protes,  berarti ada kecurangan,” tegasnya.

Berdasarkan Informasi KPU Riau sebelumnya pemasangan APK di wilayah itu baru dimulai Rabu pagi (7/2).
Pemasangan pertama dilakukan mulai pukul 07.00 WIB sesuai jadwal edaran KPU ini kepada media meliputi di Kantor KPU Pekanbaru dan Jalan Sudirman dekat Purna MTQ.
“Mengundang rekan jurnalis besok jam 7.00 di KPK Kota Pekanbaru dan di lapangan purna MTQ,” kata Ketua KPU Riau Nurhamin lewat WA di grup jurnalis KPU.
Anehnya berdasarkan pantauan Antara pemasangan APK sudah dilakukan di depan Purna MTQ, namun KPU Riau hanya memasang tiga baliho dari empat Cagubri yang maju pada Pilkada 2018.
Hingga berita ini diturunkan belum ada upaya perbaikan oleh KPU, bahkan Ketua KPU Riau saat dimintai keterangan katanya sedang berada di Jakarta.
Anggota KPU lainnya Ilham M Yassir menyatakan belum terpasangnya APK satu pasangan calon disebabkan Selasa malam hujan lebat hingga pemasangan tertunda.
“Pagi ini pemasangannya mulai diangsur dan ketua sudah terlanjur mengundang wartawan pagi ini karena dia mau buru-buru berangkat ke Semarang,” ujarnya.(anjas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

fourteen + seventeen =