KPU Himbau Pemasangan APK Jangan Ada Pelanggaran

Lahat, Sumsel, jurnalsumatra.com – Secara tegas dan lugas Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupateb Lahat, Samsurizal Nusir menghimbau agar pemasangan Alat Peraga Kampanye (APK) ridak ada yang melanggar.

“Oleh sebab itu, sebelum waktunya ini kita melaksanakan sosialisasi, agar kedepan bagi masing masing calon ketika melakukan pemasangan APK tepat pada titik titik yang telah ditentukan, jangan sampai salah nantinya,” ungkap Samsurizal dalam acara sosialisasi, dikantor KPU Lahat Sabtu (22/9/2018).

Ia menyampaikan, tujuan acara sosialisasi ini, untuk mengantisipasi bagi masing masing calon yang bakal berperang di Pemilihan Legislatif (Pileg) tahun 2019 nanti. agar tidak ada yang memasang APK tidak pada tempatnya.

 “Untuk APK masing masing calon, kita (KPU,red) Lahat sudah menyiapkan lokasi mana yang boleh dipasang dan saya menghimbau agar APK tidak boleh melanggqar ketentuan tempat pemasangan yang tidak pada tempatnya,” tambahnya lagi.

Dalam kegiatan sosialisasi ini dihadiri oleh 26 Caleg dari 16 Partai. Pada kesempatan ini Ketua KPU Lahat menegaskan, bahwa partai PSI tak memiliki kepengurusan di Kabupaten Lahat dan pada pemilihan ini tidak ada pencalegan melalui partai PSI.

Terlebih lagi, kata Syamsurizal mengingatkan kepada masing masing Caleg agar tidak menggunakan politik uang (money politic, red) baik system terstruktur massif dan sistematis. ‘’Bagi caleg yang melanggar dan ketahuan akan dikenakan sanksi berat, sedang, dan ringan. Baik bagi penerima juga si pemberi dan akan berimbas kepada caleg itu sendiri,’’ tuturnya.

Sedangkan, untuk titik titik yang dilarang dipasang APK yakni, tempat Ibadah dan halamannya, Rumah Sakit, dan tempat pelayanan Kesehatan, Gedung atau masuk Fasilitas milik Pemerintah, di Gedung gedung Sekolahan, Jl Protokol, jalan jalan bebas hambatan, sarana-prasarana publik, Taman, dan Pepohonan. (Din)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

one × 5 =