KPU Keerom Tidak Memverifikasi Faktual PKPI

    Jayapura, jurnalsumatra.com – Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Keerom, Papua, tidak melakukan verifikasi faktual terhadap Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) setempat karena ditemukan data yang tidak sinkron.
Ketua KPU Keerom Bonefasius Bao ketika dikonfirmasi dari Kota Jayapura, Senin, membenarkan hal itu.
“Waktu pendaftaran di awal itu pada 30 Januari hingga 2 Februari 2018 untuk verifikasi faktual partai politik, kami mengunduh data Sipol PKPI Keerom. Tapi setelah kami lakukan pengecekan ke lapangan dan temui pengurusnya yang sesuai data, ternyata datanya atau Sipol-nya tidak sinkron atau tidak sama,” katanya.
Tidak sinkronnya data Sipol KPU dengan kondisi riil di lapangan terhadap kepengurusan PKPI Kabupaten Keerom itu, kata dia, karena setelah di cek tidak valid.
“Menurut para pengurus yang KPU Keerom temui di lapangan, mereka mengaku bukan pengurus PKPI tetapi Golkar. Dan balik bertanya mengapa ada namanya di situ dan dijadikan pengurus? Lalu, mereka mengaku juga tidak pernah memberikan keterangan domisili di Yuruf atau web dan ini tidak ada buktinya,” katanya.

Persoalan ini juga sudah dikonfirmasi ke Ketua PKPI Keerom dan mengaku persoalan itu terjadi karena ada masalah internal di tingkat provinsi sehingga berjanji akan segera merubah pada masa perbaikan 3-5 Februari 2018.
“Yang mengaku ketua PKPI, mengklarifikasi bahwa ada kekeliruan atau persoalan di tingkat provinsi dan berjanji akan merubah. Namun hingga masa perbaikan verifikasi faktual pada 3-5 Februari 2018 tidak kunjung dilakukan juga, bahkan pada 6 Februari 2018, kami cek ulang di Sipol, data keanggotaan atau pengurusnya tidak ada,” katanya.
Menurut dia, dari 12 partai lama peserta pemilu dan empat partai baru yang dilakukan verifikasi faktual, hanya partai PKPI Keerom yang tidak dilakukan dengan alasan tidak ada keanggotaan atau pengurusnya.
“Hari ini kami lakukan verifikasi faktual partai politik tingkat provinsi di KPU Papua, siang ini kalau tidak salah,” katanya.(anjas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

7 + 18 =