KPU Kota Magelang Siapkan TPS Di Lapas

     Magelang, jurnalsumatra.com – Komisi pemilihan Umum Kota Magelang, Jawa Tengah bakal menyiapkan tempat pemungutan suara reguler di dalam Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Magelang.
Ketua KPU Kota Magelang Basmar Perianto Amron di Magelang, Kamis, mengatakan TPS Pilgub Jateng  tersebut untuk memfasilitasi 508 warga Kota Magelang maupun dari luar kota yang saat ini menjadi warga binaan di lapas tersebut.
“KPU Kota Magelang akan mendirikan 219 TPS yang tersebar di 17 kelurahan yang ada di Kota Magelang dan satu  TPS reguler di dalam Lapas Kelas IIA Magelang,” katanya usai Rapat Pleno Penetapan Daftar Pemilih Tetap ( DPT) Pilgub Jateng.
Ia mengatakan TPS yang disediakan KPU untuk para narapidana tersebut yakni TPS 15 Kelurahan Cacaban dan berada di dalam lapas tersebut.
Menurut dia pada H-3 pemungutan suara sudah bisa mengetahui jumlah pasti narapidana di dalam lapas yang mempunyai hak untuk memilih, karena jumlah penghuni lapas tersebut jumlahnya sangat fluktuatif baik yang masuk maupun yang keluar (bebas dari tahanan).

     Selain itu, pihaknya juga akan menyediakan formulir A-5 (pindah TPS) bagi warga binaan Lapas Kelas IIA Magelang hingga H-1 pemungutan suara.
“Semua dilakukan KPU, agar hak suara para warga binaan tersebut tetap terpenuhi, meskipun masih dalam masa  hukuman,” katanya.
Ia mengatakan penduduk Kota Magelang yang belum memperoleh KTP elektronik meskipun telah memenuhi syarat sebagai pemilih dan terdaftar dalam daftar pemilih, tetap mendapatkan hak untuk memilih di masing-masing TPS.
Dalam pleno penetapan DPT pemilihan Gubernur-Wakil Gubernur Jateng tersebut ditetapkan jumlah calon pemilih di Kota Magelang sebanyak 89.294 orang, terdiri atas 42.796 laki-laki dan 4.6318 perempuan.
Para calon pemilih tersebut ada di 220 tempat pemungutan suara (TPS) yang di 17 kelurahan dan tiga kecamatan yang ada di Kota Magelang.
Jumlah pemilih terbanyak terdapat di Kelurahan Rejowinangun Utara , Kecamatan Magelang Tengah yakni sebanyak 8.580 pemilih yang akan mencoblos di 20 TPS. Sedangkan Sedangkan jumlah pemilih paling sedikit, terdapat di Kelurahan Jurang Ombo Utara, Kecamatan Magelang Selatan dengan jumlah pemilih sebanyak 2.961 dengan tujuh TPS.(anjas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

fifteen − 2 =