KPU Madiun Turunkan Tiga Tim Verifikasi Ijazah

     Madiun,jurnalsumatra.com – KPU Kabupaten Madiun, Jawa Timur menurunkan sebanyak tiga tim untuk melakukan verifikasi faktual ijazah ketiga bakal pasangan calon yang akan mengikuti Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Madiun 2018 guna menghindari kecurangan.
Ketua KPU Kabupaten Madiun Wahyudi di Madiun, Rabu mengatakan, berkas administrasi pendaftaran ketiga bakal pasangan calon kepala daerah telah diterima dan diseleksi.
Selanjutnya akan dilakukan verifikasi faktual, termasuk salah satu berkas yang akan diteliti lebih cermat adalah ijazah para bakal calon.
“KPU akan menurunkan sebanyak tiga tim guna melakukan klarifikasi berkas administrasi pendidikan dari tiga bakal pasangan calon ke sekolah masing-masing. Mulai dari tingkatan SD, SM, SMA, hingga perguruan tinggi,” ujar Wahyudi kepada wartawan.

Menurut dia, dilibatkannya tiga tim guna melakukan klarifiaksi tersebut bertujuan untuk mengantisipasi kecurangan, yakni adanya ijazah palsu yang digunakan oleh bakal calon dalam mendaftar sebagai kepala daerah.
Nantinya, dari tiga tim yang ada, akan dibagi dalam melakukan pengecekkan. Satu tim akan melakukan pengecekan dan klarifikasi ijazah satu pasangan calon.
Diharapkan dengan lebih teliti dalam melakukan verifikasi faktual keabsahan ijazah bakal calon kepala daerah mulai dari awal hingga akhir, KPU Kabupaten Madiun tidak kecolongan saat menetapkan bakal pasangan calon nantinya.
Sementara, saat ini sudah terdapat tiga bakal pasangan calon yang mendaftar sebagai peserta Pilkada Kabupaten Madiun 2018.
Ketiga pasangan calon tersebut adalah, pasangan Djoko Setijono dan Suprapto yang diusung koalisi PKB dan PDIP; pasangan Rio Wing Dinaryhadi dan Sukiman dari koalisi Partai Gerindra, PPP, dan PKS; serta pasangan Ahmad Dawami dan Hari Wuryanto yang diusung Partai Demokrat, Partai Golkar, dan PKPI.(anjas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

4 × four =