KPU Manado Laksanakan Putusan Verifikasi Parpol Lama

    Manado, jurnalsumatra.com – KPU Kota Manado akan melakukan verifikasi faktual terhadap partai-partai politik lama peserta Pemilu 2014, sesuai dengan keputusan Mahkamah Konstitusi (MK).
“Sesuai dengan keputusan MK, seluruh Parpol peserta Pemilu harus diverifikasi secara faktual, maka kami harus melaksanakanya,” kata Ketua KPU Manado, Jusuf Wowor, di Manado, Jumat.
Dia mengatakan, saat ini pihaknya  masih menunggu petunjuk dari KPU pusat, tentang waktu pelaksanaan verifikasi faktual menurut keputusan MK, tetapi harus dilaksanakan dalam waktu dekat.
“Verifikasi faktual seluruh Parpol peserta Pemilu harus dilaksanakan paling lambat awal Februari, sebelum pengumuman peserta Pemilu disampaikan kepada masyarakat pemilih,” katanya.

     Dia mengatakan, Parpol lama yang harus diverifikasi faktual sesuai dengan keputusan MK, adalah PAN, PDIP, PD, Gerindra, Golkar, Hanura, PKS, PKB, Nasdem dan PPP.
Tetapi dia mengatakan, verifikasi terhadap Paprol tersebut tidak seketat terhadap partai yang baru mendaftar untuk ikut Pemilu 2019 nanti.
Menurut Wowor, jika hanya mengacu pada UU pemilu sebelumnya, maka yang diverifikasi faktual hanyalah parpol baru yang mendaftar untuk ikut Pemilu 2019 yakni Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Garuda, Perindo dan Berkarya.
Itupun kata Wowor, belum semuanya yang memenuhi syarat, sehingga harus melengkapi semua yang diwajibkan, jika tidak melakukanya, maka bisa gagal ikut Pilkada nantinya.
“Sebab yang memenuhi syarat baru PSI dan Perindo dan dua lainnya harus melengkapi jika tidak mau tertinggal ikut Pemilu 2019 nantinya,” katanya.(anjas)

Leave a Reply