KPU Masuki Tahap Rekapitulasi Data “Coklit” Pemilih

   Pekanbaru, jurnalsumatra.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Riau kini memasuki tahapan rekapitulasi data hasil pencocokan dan penelitian atau “coklit” pemilih di wilayah setempat guna mendapatkan Daftar Pemilih Sementara (DPS).
“KPU sudah selesai melakukan “coklit” beberapa waktu lalu, saat ini akan melakukan rekapitulasi sehingga didapat Daftar Pemilih Hasil Perbaikan (DPHP),” Komisioner KPU Riau, Syafril Abdullah di Pekanbaru, Rabu.
Syafril Abdullah menjelaskan daftar pemilih hasil perbaikan ini nantinya akan
acuan pada penetapan Daftar Pemilih Sementara (DPS) yang akan datang.
“Kita memang lagi melakukan rekapitulasi coklit kemarin. Hasil ini akan dijadikan DPS untuk diumumkan kepada masyarakat,ż sebut
Syafril mengatakan bahwa berdasarkan data sebelumnya, ada sekitar 4 juta pemilih yang masuk dalam Daftarnya Pemilih Tetap (DPT) sebelumnya.

    DPT Ini ulasnya akan menjadi gambaran bagi KPU untuk menetapkan data pemilihan Pilkada 2018 ini.
Untuk DPS sendiri, KPU akan mengumumkannya ke masyarakat pada 5 Maret 2018.
“DPS akan kita umumkan di kantor Lurah setempat, warga akan diminta mengecek mulai 5 Maret, ” tuturnya.
Karenanya Syafril juga meminta kepada masyarakat untuk aktif dalam mencari informasi mengenai hak pilihnya. Pada data DPS yang akan diumumkan tersebut.
Jika ada masalah DPS, Ia meminta agar setiap masyarakat melapor ke Ketua Rukun Tetangga (RT) atau Panitia Pemungutan Suara (PPS) setempat untuk dilakukan perbaikan.
“Kami mengharapkan adanya laporan-laporan dari masyarakat agar saat penetapan DPT bisa akurat,” pungkasnya.(anjas)

Leave a Reply