KPU Melarang Sekretariat Parpol Berpindah-Pindah Tempat

    Rejang Lebong, jurnalsumatra.com – Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, melarang sekretariat partai politik di daerah itu berpindah-pindah tempat setelah dilakukan verifikasi faktual.
Ketua KPU Rejang Lebong, Halid Saifullah usai acara penyampaian salinan berita acara (BA) hasil verifikasi faktual 12 Parpol lama bertempat di aula KPU setempat, Jumat, mengatakan larangan sekretariat atau kantor Parpol ini berpindah tempat hingga selesai Pemilu 2019 guna mempermudah koordinasi.
“Kantor atau sekretariat masing-masing parpol dilarang berpindah-pindah tempat sampai selesai Pemilu serentak 2019 nanti, apalagi mereka sudah diverifikasi,” katanya.
Larangan berpindah-pindah tempat ini agar memudahkan koordinasi yang akan dilakukan parpol dengan KPU.

    Larangan parpol berpindah-pindah tempat ini, selain untuk mempermudah koordinasi juga sesuai dengan data yang mereka verifikasi.
Keberadaan sekretariat Parpol ini menjadi salah satu poin dalam verifikasi faktual yang dilakukan terhadap 12 Parpol lama yang selesai dilaksanakan selama tiga hari mulai dari 30 Januari sampai 1 Februari lalu.
Sejauh ini dari 12 Parpol calon peserta Pemilu 2019 di Kabupaten Rejang Lebong tersebut kata dia, yang sudah memiliki gedung sendiri baru ada dua Parpol yakni Partai Golkar dan PPP, sedangkan yang lainnya masih mengontrak.
Sementara itu hasil verifikasi faktual terhadap 12 Parpol lama yang sudah mereka laksanakan semuanya dinyatakan memenuhi syarat, karena telah memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan KPU seperti verifikasi kepengurusan partai, verifikasi keterwakilan perempuan sebanyak 30 persen dalam kepengurusan partai.
Kemudian verifikasi domisili atau sekretariat masing-masing Parpol serta verifikasi sampel keanggotaan sebanyak lima persen dari jumlah anggota dalam data Sipol KPU.(anjas)

Leave a Reply