KPU Minahasa Tampung Tanggapan Warga

    Tondano, jurnalsumatra.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Minahasa menampung tanggapan masyarakat terkait proses penataan daerah pemilihan (Dapil) dimulai sejak 19-25 Januari 2018.
“Tanggapan terbuka bagi siapapun asalkan masyarakat Minahasa. Penyampaian tanggapan atau pendapat boleh secara pribadi maupun atas nama organisasi,” ungkap Ketua KPU Minahasa Meidy Y Tinangon di Tondano, Jumat.
Ia mengatakan tanggapan itu diberikan secara tertulis dan dibawa langsung ke kantor KPU dibuka 19 Januari. Dengan catatan, pemberi tanggapan melampirkan kartu identitas berupa Kartu Tanda Penduduk (KTP) Elektronik atau Surat Keterangan (Suket) dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil.
Meidy mengatakan program ini sengaja dilakukan dengan maksud agar KPU bisa menerima berbagai masukan dan usulan masyarakat Minahasa terkait rencana penataan Dapil.
“Penjaringan pendapat atau usulan dari masyarakat ini akan sangat membantu KPU sebagai penyelenggara untuk menentukan penataan Dapil, jadi diharapkan masukan yang ditulis bisa banyak. Waktu pemasukan usulan dibuka sejak pukul 08.00 hingga 16.00 Wita,” ujar Tinangon.

     Ia berharap masyarakat Minahasa bisa berperan aktif akan proses penataan Dapil ini.
“KPU sudah beberapa kali melakukan pembahasan terkait hal ini, demi suksesnya Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 mendatang,” ungkapnya.
Tinangon menambahkan KPU telah membuat usulan penataan Dapil dan jumlah kursi di DPRD Minahasa, dimana Dapil I terdiri dari Kecamatan Pineleng, Tombulu, Mandolang, Tombariri dan Tombariri Timur dengan jumlah 10 kursi, Dapil II Kecamatan Tondano Utara, Tondano Timur, Tondano Barat dan Tondano Selatan dengan tujuh kursi, Dapil III dengan jumlah tujuh kursi terdiri dari Kecamatan Eris, Kakas, Kakas Barat, Remboken, Kombi dan Lembean Timur, Sedangkan Dapil empat terdiri dari Kecamatan Langowan Barat, Langowan Timur, Langowan Selatan, Langowan Utara, Tompaso, Tompaso Barat, Kawangkoan, Kawangkoan Barat, Kawangkoan Utara dan Sonder dengan jumlah 11 kursi. Semua ini berdasarkan jumlah penduduk Minahasa di 25 kecamatan sebanyak 336.015 jiwa serta total kuota kursi 35.(anjas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

seventeen − four =