KPU Minahasa Tenggara Laksanakan Coklit Secara Serentak

    Minahasa Tenggara,jurnalsumatra.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Minahasa Tenggara melaksanakan pencocokan dan penilitan (coklit) data pemilih secara serentak di 12 kecamatan, Sabtu.
“Hari ini secara serentak di 12 kecamatan kami melaksanakan coklit data pemilih untuk pemilihan kepala daerah di Kabupaten Minahasa,” kata Ketua KPU Minahasa Tenggara Ascke Benu di Ratahan.
Ascke menilai coklit tersebut sangat penting dalam tahapan pilkada untuk mendata masyarakat agar tidak kehilangan hak pilihnya.
Selain akan ada petugas pemutahiran data emilih (PPDP), lanjut dia, lima anggota KPU setempat juga akan ikut melakukan coklit.
“Kami akan melakukan coklit terhadap sejumlah tokoh masyarakat, tokoh agama, bakal calon, pemilih di daerah rawan, perbatasan, serta pemilih yang mempunyai kebutuhan khusus atau disabilitas,” katanya.

Pelaksanaan coklit, kata anggota KPU Kabupaten Minahasa Tenggara Divisi Perencanaan dan Data Heltie Massie menambahkan, akan dilanjutkan oleh PPDP di desa dan kelurahan.
Ia menegaskan bahwa setiap PPDP wajib mendatangi masyarakat di rumahnya sekaligus mendata para wajib pilih dengan melihat identitas yang jelas dan domisili. Hal ini dibuktikan dengan adanya KTP, surat keterangan dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, atau kartu keluarga.
Data pemilih yang akan di-coklit ada sinkronisasi Daftar Penduduk Pemilih Potensial Pemilu (DP4) dan data daftar pemilih pada pilkada terakhir, yakni Pilgub 2015.
“Hasil analisis DP4 dan DPT pilgub, ada 83.863 data warga pemilih Mitra yang akan jadi bahan coklit PPDP di lapangan nanti,” ujarnya.
Pelaksanaan coklit akan dilaksanakan pada tanggal 20 Januari sampai dengan 18 Februari 2018.(anjas)

Leave a Reply