KPU Minta Debat Publik Aman Selama Dua Jam

Palembang, jurnalsumatra.com – KPU Provinsi Sumsel akan menggelar debat publik pertama pasangan calon gubernur dan wakil gubernur sumsel 2018 di ballroom Hotel Novotel Palembang ,Rabu (14/3/2018). Debat dimulai pukul 19.00-21.00 WIB. Dalam debat ini empat paslon akan menyampaikan visi dan misi untuk membangun Sumsel yang berdampak terhadap pembangunan nasional.

Komisioner KPU Sumsel Ahmad Naafi mengatakan, debat publik pertama ini mengangkat persoalan reformasi birokrasi,penuntasan persoalan politik, ekonomi,  dan infrastruktur.”Intinya persoalan-persoalan aktual dan pengentasanya yang selaras dengan pembangunan nasional,” ujarnya.

Naafi mrnjrlaskan, para paslon pada segmen pertama dipimpin moderator tentang tata tertib debat dan akan diberikan waktu untuk memaparkan visi dan misinya kepada publik. Kemudian segmen kedua, moderator akan melempar pertanyaan kepada masing-masing paslon. Sedangkan pada segmen kedua, para paslon secara bergantian menjawab pertanyaan yang dilontarkan oleh moderator.

Dia menjelaskan, segmen selanjutnya moderator menyiapkan sejumlah pilihan pertanyaan untuk para paslon. Nantinya para paslon akan memilih salah satu pertanyaan untuk dilemparkan kepada paslon lainya.

“Pertanyaan-pertanyaan yang disiapkan merupakan hasil rumusan dari sejumlah akademisi berbagai perguruan tinggi dan profesional baik didaerah maupun nasional. Sesi pertanyaan disiapkan tapi memilih dan diperuntukan untuk siapa hingga clossing statemen,” bebernya.

Lebih lanjut Naafi mengungkapkan, ada sekitar 500 undangan yang hadir terdiri dari para tokoh, akademisi dan simpatisan paslon,mahasiswa,disabilitas,komunitas,tokoh pemuda,ormas, penyelenggara pemilu dan lainnya. “Debat publik tersebut akan berlangsung selama 2 jam dan ditayangkan TVRI Sumsel,” pungkasnya. (Yanti)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

5 × 1 =