KPU NTT: Semua Tahapan Pemilu Dilaksanakan Secara Transparan

Kupang, jurnalsumatra.com – Juru Bicara Komisi Pemilihan Umum Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Yosafat Koli mengatakan, semua tahapan penyelenggaraan Pemilu dilaksanakan secara terbuka dan transparan.

  “Untuk melaksanakan Pemilu secara adil dan jujur, kami melaksanakan seluruh tahapan Pemilu sesuai dengan tata aturan yang telah ditetapkan,” kata Yosafat Koli kepada Antara di Kupang, Sabtu.

  Dia mengemukakan hal itu, menjawab pertanyaan seputar bagaimana KPU sebagai penyelenggara dapat melaksanakan Pemilu secara adil dan jujur, tanpa adanya kecurangan.

  Yosafat Koli mengatakan, KPU juga siap dan senang jika dalam melaksanakan tugas sebagai penyelenggara selalu diawasi.

  “Prinsipnya, semua prosedur kami patuhi. Ada PKPU yang selalu menjadi pedoman dalam melaksanakan tugas,” katanya.

  Dia mengatakan, ada pengawasan yang dilakukan secara berjenjang, terbuka, dan tidak ada intervensi dari manapun pada setiap tahapan.

  Secara terpisah, juru bicara Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Lembata, Hermanus Tadon mengatakan, semua penyelenggara Pemilu, mulai dari KPU hingga KPPS dalam menyelenggarakan Pemilu telah dibekali untuk harus berpedoman pada regulasi tentang kepemiluan.

  “Untuk menyelenggarakan pemilu yang jujur dan adil, semua penyelenggara telah dibekali agar dalam menyelenggarakan Pemilu harus berpedoman pada regulasi tentang kepemiluan, kata Hermanus Tadon.

  Hermanus Tadon menambahkan, penyelenggara Pemilu juga harus menjaga integritas, netralitas atau independensinya dalam melaksanakan tugas di lapangan.

  Selain tersedianya semua logistik Pemilu yang tepat jumlah dan tepat waktu serta tepat sasaran.


  Serta kecermatan penyelenggara dalam mengisi semua formulir pemungutan suara dan penghitungan suara, dan rekapitulasi perolehan suara, katanya.

  Dia juga meminta seluruh elemen masyarakat, untuk bersama-sama mengawasi pelaksanaan Pemilu, termasuk mengawasi penyelenggara dalam melaksanakan tugas.(anjas)