KPU OKU Lakukan Perekapan DPSHP

    Baturaja, jurnalsumatra.com – KPU Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan melakukan perekapan Daftar Pemilih Sementara Hasil Perubahan di tingkat Panitia Pemilihan Kecamatan menjelang Pemilihan Gubernur Sumsel 2018.
Ketua KPU Ogan Komering Ulu (OKU), Naning Wijaya di Baturaja, Kamis mengatakan bahwa pihaknya telah melakukan pleno merekap Daftar Pemilih Sementara (DPS) dan Daftar Pemilih Sementara Hasil Perubahan (DPSHP) di tingkat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK).
“Tinggal tahapan selanjutnya Pleno DPSHP di tingkat kabupaten. Untuk datanya belum bisa kami publikasikan sebelum dilakukan pleno oleh KPU OKU,” jelasnya.
Terkait pemilih potensial atau pemilih pemula yang usianya genap 17 tahun saat pencoblosan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumsel 2018 ini, kata dia, tetap bisa menyalurkan suaranya namun harus memiliki Surat Keterangan (Suket).
æJika memiliki (Suket) bisa memilih atau menyalurkan suara,” katanya.

    Sebab untuk menyalurkan suara di Tempat Pemungutan Suara (TPS) bagi yang belum memiliki Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-e) harus menggunakan Suket yang dikeluarkan oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) setempat.
“Menyikapi pemilih potensial tersebut kami sudah melakukan koordinasi dengan pihak Disdukcapil OKU,” ungkapnya.
Sementara Anggota KPU OKU, Devisi Pengawasan dan Pencegahan, Yeyen Andrizal saat dikonfirmasi secara terpisah mengemukakan nasib pemilih potensial yang usianya masuk 17 tahun pada pelaksanaan pencoblosan sesuai aturan sudah dapat menyalurkan hak suaranya.
“Namun syaratnya harus mengantongi Suket yang dikeluarkan oleh Disdukcapil OKU,” ujarnya.(anjas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

10 + 14 =