KPU OKUTimur Genjot Pemutakhiran Data

Martapura, jurnalsumatra.com –  Komisi Pilihan Umum (KPU) Kabupaten OKU Timur mengelar Rapat Koordinasi dan Bimbingan Teknis Persiapan Pemutakhiran Data Pemilih Tingkat PPK, di Bina Praja II Pemkab  OKU Timur, Senin (30/6/2020).

Ketua KPU OKU Timur Herman Jaya S. SOS. Mengatakan OKU Timur memiliki 1315 TPS. Pemilu 2020  merupakan pemilik bersejarah dibanding pemilu sebelumnya pasalnya kali ini lebih melelahkan dan agak berbeda dengan sebelumnya dan merasa was-was dan cemas terhadap penyebaran Covid 19.

“Beberapa potensi masalah yang kerap ditemukan saat pemutakhiran dan penyusunan data pemilih, salah satu bertambahnya mata pemilih pemula,itu dapat dipastikan karena setiap tahun bertambah  mata pemilih atau pun ada kegandaan atau ada masyarakat tidak terdaftar sebagai pemilih,” Katanya.

Bisa saja saat coklit, pemilih meninggal dunia atau pemilih tidak ada di rumah. Misalnya sedang di sawah, kebun atau merantau. Mengenai kegandaan data pemilih,  maka diperlukan koordinasi antara petugas PPK, PPS maupun Pantarlih dengan mata pilih.

Diharapkan masyarakat  dengan teknis dilapangan dan kepada petugas PPK maupun  PPS tak henti hentinya melakukan verifikasi dan sosialisasi dilapangan walaupun ditengah pandemi Covid -19 tapi tentunya tetap menjaga protokol kesehatan dengan tetap menjaga jarak, memakai masker serta selalu cuci tangan memakai sabun/ sanitizer setelah menyentuh atau melakukan kegiatan. (IW@n)