KPU Optimistis Selesaikan Pencocokan Data Sesuai Target

    Palembang, jurnalsumatra.com – Komisi Pemilihan Umum Sumatera Selatan  optimistis petugas mampu menyelesaikan pencocokan dan penelitian data pemilih pilkada serentak 2018 sesuai yang ditargetkan.
“Pada waktu rapat koordinasi beberapa hari lalu sudah melampaui 30 persen, jadi kami optimistis bisa selesai,” kata Ketua Komisi Pemilihan Umum Sumatera Selatan Aspahani di Palembang, Sabtu.
Menurut dia, dalam sepuluh hari sepertiga sudah dilakukan pencocokan dan penelitian data, sehingga untuk 10 hari kedua ini targetnya tetap sekitar 65-66 persen atau dua pertiga.
“Kami upayakan mempercepat pencocokan dan penelitian data itu sehingga selesai sesuai target pada 18 Pebruari 2018,” katanya.

Ia menjelaskan target satu orang petugas itu dalam pendataan dan penelitian 10 keluarga per hari.
“Memang ada daerah tertentu yang agak jauh dijangkau harus berulang kali, namun kami tetap memonitor dalam 10 hari terakhir nanti,” ujarnya.
Ia menyampaikan sejauh ini tidak ada kendala meski ada beberapa daerah yang sulit dijangkau. Semuanya ketika dipantau dan laporan yang diterima berjalan dengan baik.
Berdasarkan daftar penduduk potensial pemilih pemilu (DP4) yang diterima KPU sebanyak 5.885.836 pemilih di Sumsel dan jumlah itu yang dilakukan pendataan dan penelitian oleh petugas panitia pemutakhiran data pemilih (PPDP).
Pilkada serentak 2018 diikuti sembilan kabupaten dan kota di Sumsel ditambah pemilihan gubernur dan wakil gubernur Sumatera Selatan.(anjas)

Leave a Reply