KPU Palangka Raya Cetak 181.732 Surat Suara

     Palangka Raya, jurnalsumatra.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah akan mencetak 181.732 surat suara pada Pilkada 2018.
“Pencetakan surat suara akan dilakukan pemenang lelang. Meski sebelumnya ada koreksi dari sisi desain, namun saat ini proses percetakan tinggal menunggu antrean,” kata Komisioner KPU Kota Palangka Raya, Ngismatul Choiriyah, di Palangka Raya, Senin.
Dia mengatakan pada saat pencetakan surat suara tersebut pihaknya bersama para peserta Pilkada Kota Palangka Raya akan berada di lokasi percetakan.
“Nanti kami bersama pada paslon akan menyaksikan proses pencetakan terutama untuk mencek hasil cetakan pertama sesuai dengan desain. Selanjutnya jika dinyatakan pas maka maka surat suara akan dicetak seluruhnya. Namun waktunya kita masih menunggu konfirmasi pemenang lelang,” katanya.
Ngismatul mengungkapkan jumlah pemilih pada Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang ditetapkan saat plenokan pada 19 April sebanyak 176.823 jiwa kini menjadi 177.021 jiwa.

“Setelah ditetapkan jumlah DPT pada rapat pleno pada bulan kemarin, datang warga yang mengatakan masih sekitar 100 orang yang belum terdaftar sebagai pemilih tetap,” kata Ngismatul.
Selanjutnya, pihaknya segera berkoordinasi dengan pihak Panwas Kota Palangka Raya untuk memastikan laporan tersebut dan segera memasukkan tambahan laporan tersebut ke dalam DPT.
“Dalam undang-undang sudah jelas bahwa memasukkan warga dalam DPT adalah suatu tanggung jawab KPU, sehingga kami langsung berkoordinasi dengan panwas dan memasukkan warga yang belum terdaftar,” katanya.
Dalam pelaksanaan pemilihan wali kota dan wakil wali kota di Palangka Raya sendiri, pihak KPU telah menetapkan empat pasag calon.
Keempatnya Keempat pasangan calon beserta nomor urut peserta pilkada yakni Tuty Dau-Rahmadi dapat urut nomor 1, pasangan H.Rusliansyah-Rogas Usup dapat urut nomor 2, Fairid-Umi Mustikah nomor 3 dan Aris Narang-Habib Said Fauzy nomor urut 4.(anjas)

Leave a Reply