KPU Palemang Coklit Data Pemilih

Palembang, jurnalsumatra.com – Guna memastikan data pemilih, petugas pemutakhiran data pemilih (PPDP) Pilkada melakukan pencocokan dan dan penelitian (coklit) data warga secara door to door.

“Pemutahiran data terakhir ini kita datangi door to door. Di mana data saat ini untuk sementara di wilayah Bukit Lama ada 596 pemilih,” ungkap PPDP Aryadi saat mendata warga RT 01 RW 01 Kelurahan Bukit Lama, Selasa (23/1/2018).

Dikatakannya, tujuan pendataan ini yaitu untuk mengantisipasi dan memastikan jumlah pemilih yang sudah meninggal, pemilih pemula yang akan dimasukkan pada data pemilih sementara (DPS).

Senada, Ketua PPS Kelurahan Bukit Lama M Efrizal menambahkan, mekanisne pemuktahirannya itu secara door to door atau pintu ke pontu. Ada 61 petugas yang bekerja dengan minimal satu petugas menangani lima rumah dalam sehari.

“Kita memegang data lama, coklit ini masih data mentah makanya kita muktahirkan lagi datanya melalui petugasnya. Kemudian akan keluar DPS, lalu akan kita panggil lagi petugasnya untuk memastikan DPS tadi. Sementara batas pemuktahirannya itu 18 Februari nanti,” imbuhnya.

Sementara itu, usai didata oleh PPDB, Walikota Palembang Fitrianti Agustinda mengimbau, agar setiap warga Palembang dapat menggunakan hak pilihnya. “Walaupun berbeda pilhan, kita tetap warga Palembang. Dan harus menjaga kebersamaan,” tukasnya. (EZA)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

5 + thirteen =