KPU PALI Berikan Bimtek ke PPK Dan PPS

Pali, jurnalsumatra.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten PALI mengumpulkan seluruh anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) dalam rangka mengikuti Bimbingan Teknis Pemuktahiran data dan Penyusunan Daftar Pemilih, dalam pemilihan Bupati dan Wakil Bupati PALI tahun 2020, Rabu (8/7/2020).

Bimtek digelar selama tiga hari, dimulai dari Rabu – Jum’at (8-10 Juli 2020) di halaman kantor KPU kabupaten PALI. Untuk hari ini, Bimtek diikuti oleh seluruh anggota PPK dan PPS se-kecamatan Talang Ubi. 

Sebelum bimtek digelar, satu per satu peserta dilakukan rapid test dan menggunakan masker serta mencuci tangan. 

Fikri Ardiyansah, komisioner KPU Kabupaten PALI divisi pro data menjelaskan pelaksanaan Bimtek terbagi tiga hari, dimana hari kedua dan ketiga akan diikuti oleh kecamatan lain, seperti Penukal dan Penukal Utara serta Abab dan Tanah Abang. 

“Nantinya teman-teman PPK dan PPS akan melakukan bimtek ke petugas PPDP dalam melakukan pencocokan dan penelitian (Coklit) serta PPK dan PPS bertugas juga untuk menjalin komunikasi ke pemangku kepentingan setingkat mereka seperti camat untuk PPK, dan kades atau lurah untuk tingkat PPS,” jelas Fikri. 

Selain itu, Fikri juga menambahkan PPK dan PPS berkewajiban melakukan monitoring terhadap pelaksanaan coklit oleh petugas PPDP. 

“Petugas PPDP akan dimulai dari tanggal 15 Juli – 13 Agustus 2020. Berharap seluruh partisipasi masyarakat dengan mempersiapkan data kependudukan, seperti KTP dan Kartu Keluarga,” tambahnya. 

Sementara itu, di tempat yang sama Sunario, ketua KPU Kabupaten PALI mengatakan bahwa petugas PPDP berjumlah 408, berdasarkan jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang ada di kabupaten PALI untuk Pilkada 9 Desember 2020 nanti. 

“PPDP sebelum melakukan coklit akan diberikan bimtek oleh PPK dan PPS. Ketika berada di lapangan, petugas PPDP akan disiapkan Alat Pelindung Diri (APD) karena untuk mengikuti protokol kesehatan,” tambahnya. (Hab)