KPU Pamekasan Berikan Bimtek Laporan Dana Kampanye

    Pamekasan, jurnalsumatra.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pamekasan, Jawa Timur memberikan bimbingan teknis (bimtek) kepada masing-masing tim pemenangan pasangan calon bupati dan wakil bupati Pamekasan tentang sistem pelaporan dana kampanye.
“Bimtek kami gelar tadi malam dengan tujuan agar sistem laporan dana kampanye tidak bermasalah di kemudian hari dan masing-masing tim pemenangan pasangan calon paham tentang teknis pelaporannya,” ujar Ketua KPU Pamekasan Moh Hamzah di Pamekasan, Rabu pagi.
Bimtek pelaporan dana kampanye pilkada bagi pasangan calon bupati dan wakil bupati Pamekasan yang digelar di aula salah satu hotel di Pamekasan itu, Selasa (17/4) malam itu, KPU menghadirkan Thoufan Nur dari Ikatan Akuntan Publik (IAP).
Materi bimbingan seputar sistem laporan keuangan, pencatatan belanja anggaran tim pemenangan pasangan calon, dan sistem laporan sumbangan dana kampanye dari pihak ketiga.
Ketua KPU Pamekasan Moh Hamzah menjelaskan, laporan dana kampanye itu harus dipertanggungjawabkan dan nantinya akan diaudit oleh akuntan publik, sesuai dengan ketentuan perundang-undangan.

     “Disinilah pentingnya menggelar bimbingan teknis tentang pelaporan dana kampanya dengan menghadirkan narasumber dari pihak yang berkompeten secara langsung,” katanya, menjelaskan.
Sesuai jadwal yang telah ditetapkan KPU RI, pelaksanaan pilkada di Kabupaten Pamekasan pada 27 Juni 2018.
Sebanyak dua pasangan calon akan bersaing memperebutkan dukungan masyarakat pada ajang pesta demokrasi lima tahunan tersebut.
Kedua pasangan calon itu, masing-masing Barut Tamam-Raja’e (Berbaur) dengan nomor urut 1 dan Kholilurrahman-Fathor Rohman (Kholifah) dengan nomor urut 2.
Pasangan Berbaur diusung oleh Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Gerindra.
Pasangan Kholifah diusung oleh Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Golkar, Partai Nasional Demokrat (Nasdem) dan Partai Demokrat. (anjas)

Leave a Reply