KPU: Partai Peserta Pemilu Ditetapkan KPU Pusat

     Bantul, jurnalsumatra.com – Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, menyatakan partai politik yang ditetapkan KPU RI sebagai peserta Pemilu 2019 dapat mengikuti pesta demokrasi di daerah.
“KPU Bantul linier dengan keputusan KPU RI, partai yang ditetapkan secara nasional oleh KPU RI dapat mengikuti Pemilu 2019 secara nasional, termasuk di Bantul,” kata Ketua KPU Bantul Muhammad Johan Komara di Bantul, Selasa.
Hal itu menanggapi pertanyaan mengenai langkah KPU Bantul menyusul KPU RI menetapkan Partai Bulan Bintang (PBB) sebagai peserta Pemilu 2019 atas tindak lanjut putusan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI yang mengabulkan gugatan PBB.
Dengan demikian, kata dia, PBB yang sebelumnya dinyatakan tidak lolos KPU RI yang kemudian ditetapkan sebagai peserta Pemilu 2019 dapat mengikuti pemilu di Kabupaten Bantul, karena PBB sebelumnya lolos verifikasi KPU Bantul.
“Prinsipnya partai yang ditetapkan memenuhi syarat secara nasional bisa berpartisipasi di daerah, mau menerima pencalonan atau menerima caleg (calon legislatif) bisa di daerah, sepanjang di pusat memenuhi syarat,” katanya.

Oleh sebab itu, menutut dia, meskipun misalnya di wilayah Bantul ada partai yang tidak memenuhi syarat, namun di KPU pusat memenuhi syarat, maka tetap bisa mengikuti di daerah tersebut sepanjang di pusat memenuhi syarat.
“Sudah ada surat edaran (SE)-nya, tapi saya lupa isinya, namun itu kan berlaku secara nasional, sepanjang di nasional lolos bisa ikuti di daerah, jadi KPU Bantul akan mengikuti keputusan pusat,” katanya.
Sementara itu, pada Pemilu 2014 di Bantul, PBB memperoleh satu kursi di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) yang kelembagaannya bergabung dengan Fraksi Nasional Bintang Demokrat, atau gabungan dari Partai Nasdem, Partai Demokrat.
Berdasarkan data Pemilu 2014, PBB mendapatkan 11.102 suara di enam daerah pemilihan (dapil), yaitu dapil 1 sebanyak 844 suara, dapil 2 meraih 558 suara, dapil 3 meraih 261 suara, dapil 4 meraih 5.688 suara, dapil 5 meraih 2.958 suara dan dapil 6 meraih 493 suara.(anjas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

sixteen − 8 =