KPU Pekalongan Canangkan Gerakan Sadar Pemilu

     Pekalongan, jurnalsumatra.com – Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Pekalongan mencanangkan gerakan sadar Pemilihan Umum dan Pemilihan Gubernur Jawa Tengah 2018 sebagai upaya meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pemilihan mendatang.
Ketua KPU Kabupaten Pekalongan Mudasir di Pekalongan, Selasa, mengatakan bahwa melalui gerakan sadar pilgub, nantinya masyarakat bisa kian menyadari pentingnya pemilu dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.
“Pada pilgub tahun sebelumnya, tingkat partisipasi masyarakat pada pemilu itu hanya mencapai 47 persen atau nomor 30 dari 35 kabupaten/kota se-Jateng,” katanya.
Ia mengatakan pencanangan gerakan sadar pemilu itu juga telah disemarakkan dengan kegiatan gerak jalan sehat dan deklarasi bersama di halaman parkir pendapa rumah dinas Bupati Pekalongan.

     Deklarasi dan penandatanganan gerakan sadar pemilu, kata dia, diikuti oleh seluruh peserta jalan sehat yang diwakili oleh para pemilih, pemilih pemula, pemilih perempuan, pemilih marginal, pemilih disabilitas, dan perwakilan pemilih ormas keagamaan.
“Kami berharap melalui gerakan sadar pemilu, masyarakat dapat lebih memahami, didengar, dan disadar agar mereka  oleh masyarakat. Apalagi pada 2018 ada pelaksanaan Pilgub 2018 dan Pileg dan Pilpres 2019,” katanya.
Anggota KPU Kabupaten Pekalongan Abi Rizal mengatakan pemilu sebagai peristiwa penting karena menyangkut kehidupan berbangsa dan bernegara.
“Oleh karena kami berharap pada masyarakat bisa menggunakan hak pilihnya secara sehat,” katanya.(anjas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

four × 2 =