KPU Riau Terima Pendaftaran 18 Calon DPD

     Pekanbaru, jurnalsumatra.com – Sebanyak 18 orang bakal calon anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI asal Riau hingga hari kedua Selasa (10/7) pukul 24.00 WIB telah mendaftarkan diri ke Komisi Pemilihan Umum Riau.
“Mereka mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum Provinsi Riau dengan membawa semua persyaratan yang diperlukan,” kata Komisioner KPU Riau Ilham Yasir, di Pekanbaru, Rabu.
Ilham Yasir menjelaskan 18 bakal calon DPD yang pendaftarannya diterima KPU Riau masing-masing datang pada hari pertama 11 orang, dan tujuh orang pada hari kedua.
Sedangkan berdasarkan tahapan ditentukan KPU, pendaftaran bakal calon DPD dibuka selama tiga hari yakni dari 9-11 Juli 2018.
“Berarti hari ini terakhir pendaftaran, kita lihat lagi nanti siapa yang datang,” kata Ilham pula.
Menurut Ilham, jika mengacu kepada hasil pleno rekapitulasi verifikasi faktual pada tanggal 28 Juni 2018 lalu, KPU Provinsi Riau telah menetapkan sembilan bakal calon DPD yang statusnya Memenuhi Syarat (MS) dan 18 lagi statusnya Belum Memenuhi Syarat (BMS). Total ada 28 bakal calon DPD hingga saat ini masih mengikuti proses.
“Jadi hingga hari kedua ini sudah 18 yang mendaftar, diperkirakan pada hari ketiga atau terakhir menyisakan 10 bakal calon lagi yang masih ditunggu kedatangannya untuk mendaftar,” katanya lagi.
Ia lebih jauh menerangkan dalam proses pendaftaran tersebut, KPU Riau langsung melakukan pemeriksaan kelengkapan berkas yang dipersyaratkan, sehingga bisa diketahui dan dibubuhi tanda terima (TT).

Bisa juga karena kurang lengkap, maka berkas dikembalikan untuk dilengkapi hingga selanjutnya menyusul selama proses pendaftaran dibuka.
Dia mencontohkan, salah satu bakal calon DPD atas nama Philip Sahat Martin, pada hari pertama pendaftaran berkas dokumennya harus dikembalikan karena salah satu dari empat dokumen syarat pendaftarannya tidak lengkap.
Selanjutnya, Philip Sahat Martin diberikan berita acara pengembalian dokumen (BA pengembalian DPD) dan dipersilakan untuk kembali mendaftar di masa pendaftaran.
“Sementara bagi bakal calon DPD lainnya, pendaftarannya diterima oleh KPU Riau dan diberikan tanda terima,” katanya lagi.
Ia menambahkan setelah tahapan pendaftaran berakhir 11 Juli 2018, terhadap semua persyaratan bakal calon anggota DPD yang telah mendaftar akan dilakukan verifikasi administrasi syarat calon mulai tanggal 12-18 Juli 2018.
Nama-nama bakal calon DPD yang sudah mendaftar sebanyak 18 orang itu adalah Suradi, Instiawati Ayus, M Rizal Akbar, Zahirman Zabir, Akhyaruddin, Jakiman, Muhammad Ridwan, Yusuf Said, Misharti, Juprizal,  Herman Nazar, Abdul Gafar Usman, Muhammada Gazali Lc, Khudri Junid, Syintia Dewi Ananta, Sahat Martin Philip, Saut Sihaloho, dan Rosti Uli Purba.
Terdapat tiga petahana saat ini masih duduk sebagai senator di Senayan, yaitu Gafar Usman, Instiawati Ayus, dan Rosti Uli Purba datang mendaftar ke KPU Riau.(anjas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

11 − three =