KPU: Seluruh Bacagub Sumsel Penuhi Syarat Kesehatan

    Palembang, jurnalsumatra.com – Komisi Pemilihan Umum Provinsi Sumatera Selatan menyatakan empat pasang bakal calon gubernur dan wakil gubernur Sumatera Selatan yang maju pada Pilkada Serentak 2018 memenuhi syarat kesehatan.
“Kami nyatakan sesuai dengan hasil tim dokter empat pasangan bakal calon gubernur dan wakil gubernur Sumatera Selatan memenuhi syarat kesehatan,” kata Ketua KPU Sumsel Aspahani usai acara penyampaian hasil penelitian berkas bakal calon gubernur dan wakil gubernur tahun 2018 yang dihadiri bakal pasangan calon dan partai pengusung di Palembang, Kamis.
Sementara untuk persyaratan administrasi, menurut dia masih ada yang perlu diperbaiki, terutama keterangan yang sifatnya menyangkut instansi lain.
Ia mencontohkan laporan harta kekayaan yang dikeluarkan oleh KPK. KPU baru menerima salinannya sehingga para bakal calon diminta menunjukkan yang asli.
Ia mengatakan masih ada waktu tiga hari untuk perbaikan berkas persyaratan, yakni sampai dengan 20 Januari 2018 pukul 24.00 WIB.

    “Kami tidak menjelaskan siapa calonnya, tetapi yang jelas ada beberapa yang masih perlu diperbaiki misalnya cuti di luar tanggungan negara yang belum dicontreng dan persyaratan itu sangat mudah untuk diperbaiki,” ujarnya.
Ada pula kekurangan berupa legalisir ijazah SMA maupun S1. Pihaknya menerima dokumen hasil, bukan dokumen asli yang dibubuhi stempel basah.
Empat pasang bakal calon gubernur dan wakil gubernur Sumatera Selatan yang maju pada Pilkada Serentak 2018 adalah Ishak Mekki-Yudha Mahyuddin, Herman Deru-Mawardi Yahya, Dodi Reza Alex-Giri Ramanda, dan Aswari Rivai-Irwansyah.
Pilkada Serentak 2018 diikuti sembilan kabupaten dan kota di Sumsel ditambah pemilihan gubernur dan wakil gubernur Sumatera Selatan.(anjas)

Leave a Reply