KPU Situbondo Sosialisasikan Tahapan Verifikasi Administrasi Parpol

    Situbondo, jurnalsumatra.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, menyosialisasikan tahapan pelaksanaan verifikasi administrasi partai politik dengan mengundang seluruh operator parpol yang sudah menyerahkan berkas kepesertaan Pemilu 2019.
“KPU sudah mulau melakukan penelitian atau verifikasi berkas administrasi partai politik, dan sampai saat ini kami baru memverifikasi lima berkas administrasi dari 16 parpol,” kata Ketua KPU Kabupaten Situbondo Marwoto usai Rapat Koordinasi Verifikasi Administrasi Partai Politik Calon Peserta Pemilu 2019 di Situbondo, Jumat.
Dari hasil verifikasi sebagian administrasi parpol, lanjut dia, ditemukan banyak berkas yang diserahkan ke KPU yang tidak singkron antara KTP-e dan kartu tanda anggota (KTA) masing-masing parpol.
Contoh berkas administrasi yang diserahkan oleh parpol itu antara lain, katanya, nama keanggotaan ganda atau KTP-e yang diserahkan juga terdapat di partai politik lainnya, nama anggota di KTP-e tidak sama dengan KTA parpol dan alamat anggota berbeda dengan KTP-e.
“Oleh karena itu, kami mengundang perwakilan partai politik menyosialisasikan terkait tahapan verifikasi administrasi dan selanjutnya setelah verifikasi akan dikembalikan ke parpol untuk diperbaiki,” katanya.

     Marwoto menyebutkan, di Kabupaten Situbondo tercatat ada 16 partai politik yang menyerahkan berkas administrasi kepesertaan Pemilu 2019 dari 17 parpol yang diundang sebagai kepesertaan Pileg dan Pilpres 2019.
Sebanyak 16 Parpol yang sudah menyerahkan berkas administrasi dan saat ini telah diverifikasi KPU di antaranya, Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Golkar, Berkarya, PDI Perjuangan, PKS, Perindo dan Partai Demokrat, Partai Amanat Nasional (PAN), Hanura, PKB, PKPI, PBB, Nasdem, Partai Rakyat, PPP dan Partai Gerindra.
“Sesuai perintah KPU RI, semua partai politik yang sudah mendapatkan tanda terima penyerahan berkas administrasi kepesertaan Pemilu 2019 harus tetap dilayani selama parpol akan melakukan perubahan atau perbaikan berkas administrasi,” katanya.
Sesuai jadwal tahapan verifikasi administrasi, KPU akan mengembalikan berkas administrasi yang sudah diverifikasi ke masing-masing partai politik jika ada yang perlu diperbaiki.(anjas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

18 − 3 =