KPU Sudah Selesaikan Lakukan Pencocokan Data Pemilih

     Kupang, jurnalsumatra.com – Juru Bicara Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Yosafat Koli mengatakan, telah selesai melakukan pemutahiran data pemilih atau pencocokan dan penelitian (coklit) data pemilih.
“Pada Minggu (18/2), pukul 00.00 Wita merupakan hari terakhir melakukan pemutahiran data pemilih atau pencocokan dan penelitian (coklit) data pemilih oleh petugas di KPU kabupaten/kota,” kata Yosafat Koli kepada Antara di Kupang, Rabu.
Dia mengemukakan hal itu, terkait hasil pencocokan dan penelitian data pemilih di NTT. Coklit ini sudah dilakukan sejak 20 Januari 2018.
Mengenai hasil coklit, KPU kabupaten/kota baru melakukan perekapan secara berjenjang mulai Senin (19/2).

     “Perekapan berjenjang, jadi KPU NTT belum terima hasil coklit dari KPU kabupaten/kota,” katanya.
Pada Maret 2018, kata dia, baru dilakukan perekapan di KPU Provinsi NTT, sehingga belum bisa menyampaikan hasil coklit.
Ketua Divisi Teknis KPU NTT, Thomas Dohu menambahkan, apabila saat coklit petugas tidak berhasil bertemu dengan pemilik rumah, maka harus kembali lagi untuk memastikan.
Bahkan, lanjutnya, petugas tidak boleh hanya mendata dari sekretariat atau mendengar dari orang, tapi harus bertemu pemilik rumah.
“Kita harus catat, apabila di dalam rumah ada wajib pilih atau ada anggota TNI/Polri. Petugas juga harus mendata apabila di dalam rumah ada penyandang disabilitas,” kata Thomas.(anjas)

Leave a Reply