KPU Sulut Sosialisasi Lima Kartu Suara Pemilu

Manado, jurnalsumatra.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulawesi Utara (Sulut) menyosialisasikan lima kartu suara yang akan digunakan pada pemilihan umum 17 April mendatang.
“Pada pemilu 2019 terdapat lima surat suara. Masing-masing surat suara akan diwakili warna berbeda,” kata Komisioner KPU Sulut Salman Saelangi di Manado, Selasa. 
Lima warna tersebut yakni kuning untuk DPR, biru untuk DPRD provinsi, hijau untuk DPRD kabupaten/Kota, merah untuk DPD, dan abu-abu untuk presiden dan wakil presiden.
“Warna berbeda pada kertas suara untuk masing-masing tingkatan dimaksudkan untuk memudahkan pemilih membedakan surat suara,” katanya.
Pemilihan warna ini berdasarkan Keputusan KPU Nomor 1944/PL.02-Kpt/01/KPU/XII/2018 tentang Desain Surat Suara dan Desain Alat Bantu Coblos (template) Bagi Pemilih Tuna Netra Pada Pemilu 2019.
Langkah yang dilakukan KPU melakukan sosialisasi pelaksanaan Pemilu 17 April 2019 diapresiasi Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey.
“Kami mengimbau semua pihak menyukseskan pelaksanaan Pemilu yang bakal memilih Presiden, Wakil Presiden, anggota DPR, DPD, DPRD provinsi dan DPRD kabupaten/kota,” harapnya.
Gubernur juga mengajak semua pihak menciptakan suasana aman dan nyaman agar pelaksanaan pemilu 17 April mendatang berlangsung sukses.(anjas)

Leave a Reply