KPU Tanjungpinang Ingatkan Peserta Pilkada Perbaiki Berkas

    Tanjungpinang, jurnalsumatra.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tanjungpinang, Kepulauan Riau mengingatkan tiga bakal calon wali kota dan wakil wali kota untuk memperbaiki berkas administrasi sebelum batas waktu, 20 Januari 2018.
“Jika lewat 20 Januari, kami tidak dapat meloloskan bakal calon untuk menjadi peserta pilkada Tanjungpinang. Apalagi Sabtu, 20 Januari itu hari libur, maka Jumat ini dimanfaatkan sebaik baiknya untuk menyelesaikan administrasi yang belum selesai,” kata Ketua KPU Tanjungpinnag, Robby Patria di Tanjungpinang, Jumat.
KPU Tanjungpinnag telah menggelar rapat pleno terbuka penyampaian hasil penelitian persyaratan administrasi terhadap kelengkapan dan keabsahan dokumen syarat pencalonan dalam pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tanjungpinang tahun 2018 di Kantor KPU Kota Tanjungpinang, Kamis (18/1) malam.
Rapat pleno terbuka itu dihadiri oleh Komisioner KPU Kota Tanjungpinang, bakal pasangan calon, ketua partai pengusung serta tim pendukung dari pasangan calon perseorangan.
Ia juga menyampaikan beberapa syarat administrasi yang belum dipenuhi, di antaranya surat tanda terima penyerahan LHKP dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

      Ada juga bakal calon yang belum menyerahkan SKCK dari kepolisian yang asli bukan fotokopi, surat dari Kantor Pajak maupun dari Pengadilan Niaga di Medan tentang tidak dalam kondisi pailit.
“Kami sudah sampaikan hasil penelitian administrasi pasangan bakal calon dan syarat pencalonan yang belum dipenuhi. Agar ini diperhatikan dan dipenuhi secepatnya, dan diserahkan paling lambat 20 Januari 2018 sebagai batas akhir perbaikan berkas,” ujarnya.
Robby berharap masing-masing pasangan calon dapat memenuhi persyaratan pencalonan yang belum lengkap atau yang masih tidak memenuhi syarat secepatnya.
Semua bakal calon harus melengkapi dokumen yang diperlukan sesuai dengan Peraturan KPU Nomor 3/2017 maupun Peraturan KPU Nomor 15/2017,
Robby juga mengatakan bahwa pada tanggal 20 Januari 2018, Komisioner KPU Provinsi Kepri, Komisioner KPU Kota Tanjungpinang, PPK dan PPS akan melakukan pencocokan dan penelitian secara serentak.
Pilkada Tanjungpinang diikuti tiga pasangan bakal calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tanjungpinang yakni Syahrul-Rahma, Lis Darmansyah-Maya Suryanti dan Edi Safrani-Edi Susanto. Syahrul-Rahma diusung Partai Golkar, Partai Gerindra dan PKS, sementara Lis-Maya diusung PDIP, Hanura, PPP, Partai Demokrat dan PKPI.
Sedangkan Edi Safrani-Edi Susanto mencalonkan diri melalui jalur perseorang.(anjas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

14 + four =