KPU Tanjungpinang Sosialisasi Pilkada Di SMA

     Tanjungpinang, jurnalsumatra.com – Komisi Pemilihan Umum Kota Tanjungpinang, Kepulauan Riau, mulai merangkul pihak SMA untuk menyosialisasikan pilkada serentak tahun 2018.
Ketua KPU Tanjungpinang Robby Patria di Tanjungpinang, Sabtu, mengatakan bahwa sosialisasi di SMA bertujuan mendorong pemilih pemula menggunakan hak suara.
“Pelajar yang memenuhi persyaratan sebagai pemilih pemula harus memastikan dirinya terdaftar sebagai pemilih, dan menggunakan hak suara pada hari-H pemungutan suara,” ujarnya.
KPU Tanjungpinang hari ini menyosialisasikan pilkada serentak ketiga SMKN3 Tanjungpinan. Di hadapan 900 siswa SMKN 3, Robby mengajak mereka menggunakan hak suara pada Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tanjungpinang, 27 Juni 2018.
Di sekolah itu, KPU Tanjungpinang juga melakukan simulasi menggunakan hak suara di tempat pemungutan suara.
“Pemilihan Ketua OSIS yang sedang dilakoni oleh siswa hampir mirip dengan pemilihan kepala daerah. Persamaannya ada calon, ada pemilih, ada logistik, ada pengawas pemilihan, dan ada tempat pemungutan suara,” ucapnya.

     Dengan mempelajari pemilihan yang demokratis, kata dia, nilai-nilai demokrasi sudah tertanam di dalam sanubari pelajar bahwa demokrasi adalah sistem terbaik untuk melakukan pemilihan kepala daerah, termasuk pemilihan OSIS,” ujarnya.
Robby mengajak siswa yang berusia 17 tahun untuk merekamkan diri ke Disdukcapil Tanjungpinang agar nama mereka masuk ke dalam daftar pemilih nantinya.
“Layaknya sebuah pesta maka pilkada di daerah ini juga harus bahagia, tidak ada hantu-hantu fitnah,” katanya.
Guru SMKN 3 Rudy Harnata memberi apresiasi kepada KPU yang sudah meminjamkan kotak suara dan bilik suara untuk simulaai agar pemilihan berjalan dengan baik.
“Khususnya kepada Ketua KPU Kota Tanjungpinang yang turun langsung memantau pemilihan,” kata Rudy.(anjas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

6 + 12 =