KPU Targetkan Partisipasi Pemilih Tembus 90 Persen

PAGARALAM, Sumsel, jurnalsumatra.com – Komisi Pemilihan Umum Kota Pagaralam mematok target tinggi untuk partipasi pemilih pada Pemilu 2019 mendatang. Partisipasi pemilih ditargetkan menembus 90 persen, dengan memaksimalkan 11 basis.

Komisioner KPU Kota Pagaralam Divisi Partisipasi Masyarakat dan Sumber Daya Manusia, Irfan Amd menyatakan partisipasi pemilih di Pemilu 2019 harus lebih tinggi dari Pilkada 2018.

“Untuk Pemilu 2019 partisipasi pemilih targetkan 90 persen,” kata Irfan, ditemui di kantor KPU kemarin. Di Pilkada 2018 partisipasi pemilih mencapai 80 persen lebih.

Irfan mengaku optimis target tersebut dapat tercapai. Ia mengatakan pihaknya sudah menyiapkan berbagai strategi supaya target tersebut tak meleset. Beberapa strategi ini disebutkannya; diantaranya dengan memaksimalkan sosialisasi kepada pemilih di 11 basis. “11 basis pemilih ditetapkan KPU RI. Kami tinggal kan menjalankannya saja,” sebut Irfan.

11 basis tersebut dijelaskan Irfan mencakup keluarga, media massa, pemilih berkebutuhan khusus, pemilih disabilitas, pemilih pemula, pemilih perempuan, pemilih keagamaan. Basis selanjutnya adalah pemilih komunitas, relawan demokrasi, kaum marjinal dan pemilih muda.

Bagaimana caranya Irfan mencontohkan, sosialisasi pada pemilih berbasis keluarga. KPU akan melaksanakan sosialisasi Pemilu langsung ke rumah penduduk. Sasarannya adalah para anggota keluarga. “Harapan kami ibu dan bapak di rumah itu bisa mensosialisasikan pula pada anak-anaknya,” tuturnya.

Selain itu, Irfan melanjutkan, sosialisasi pemilih berbasis keluarga juga bisa dilakukan dengan terjun ke dunia maya. KPU akan mensosialisasikan Pemilu kepada warga net di jejaring sosial sepertifacebook, instagram, twitter, dan lainnya. “Warganet pada dasarnya adalah bagian tak terpisahkan dari pemilih berbasis keluarga,” tambahnya.

Irfan berharap target partisipasi pemilih 2019 yang sudah dipatok itu bisa tercapai. Dia juga sangat mengharapkan peran aktif seluruh peserta Pemilu untuk mensosialisasikan Pemilu 2019. “Sosialisasi Pemilu ini bukan hanya tugas KPU maupun Bawaslu. Tapi juga tugas kita semua,” katanya. (Van)

Leave a Reply