KPU Tulungagung Mulai Sortir Dan Lipat Surat Suara

Tulungagung, jurnalsumatra.com – Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur mulai melakukan proses sortir dan pelipatan surat suara yang ditargetkan selesai dalam 15 hari secara borongan dengan menyewa jasa tenaga pelipat profesional.
“Ya, harapan kami 15 hari selesai. Pelipatan dilakukan bertahap, mulai surat suara pemilihan calon legislatif untuk DPRD tingkat kabupaten, nanti dilanjutkan dengan pelipatan kertas suara untuk DPRD provinsi, DPR RI, DPD, dan terakhir Pilpres” kata Komisioner KPU Tulungagung Mustofa di Tulungagung, Selasa.
Namun belum semua logistik datang. Sementara ini yang sudah masuk dan diterima bagian logistik KPU Tulungagung merupakan surat suara untuk pemilihan caleg tingkat DPRD kabupaten, DPRD Provinsi Jatim dan DPR RI.
Mustofa mengatakan, logistik untuk pemilihan calon anggota DPD maupun pilpres belum datang. “Diperkirakan logistik surat suara untuk DPD dan pilpres datang dalam dua-tiga-lima hari lagi,” ujarnya.
Jumlah surat suara yang diterima KPU dan sekarang dilakukan penyortiran dan pelipatan total ada sebanyak 2.588.868 eksemplar.
   Rinciannya, surat suara untuk pemilihan caleg DPR RI sebanyak 869.622 lembar, untuk DPRD provinsi sebanyak 869.622 lembar dan untuk DPRD kabupaten sebanyak 849.624 lembar surat suara.
   “Jadi apa yang kami lakukan mulai hari ini  adalah sortir dan pelipatan. Dengan asumsi kerja sekitar 15 hari dan diharapkan lima jenis surat suara itu sudah selesai,”  papar Mustofa.
    Total yang diperkerjakan KPU Tulungagung untuk melakukan sortir dan pelipatan sebanyak 50 orang.
     Mereka selama ini memiliki spesialisasi sebagai jasa pelipat surat suara yang biasa digunakan untuk melipat surat suara pemilu/pilkada di berbagai daerah, di Jatim maupun luar Jawa.
     Pantauan di lokasi sortir dan pelipatan, para pekerja yang mayoritas perempuan itu bekerja sangat efektif. 
     Mereka sangat terlatih mulai pengambilan satu tumpuk kertas surat suara lalu mulai melipat dengan peralatan yang sudah disiapkan.
     Hanya dalam tempo kurang dari tiga menit satu tumpuk kertas surat suara berisi 20 lembar selesai dilipat dan dimasukkan dalam kardus dengan rapi.
     “Kami tidak berani ambil risiko dengan menggunakan jasa pelipatan dari orang-orang yang belum berpengalaman, seperti dulu pernah dilakukan dengan memanfaatkan tenaga lokal. Tapi justru hasilnya tidak beraturan, dan rawan penyalahgunaan,” katanya.   
     Dalam pemilu 27 April mendatang, jumlah daftar pemilih tetap di Kabupaten Tulungagung tercatat sebanyak 852.570 suara. 
     Dengan demikian pasokan logistik juga menyesuaikan jumlah DPT ditambah surat suara cadangan sekitar dua (2) persen.(anjas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

3 × 2 =