KPU Verifikasi Administrasi Calon DPD

     Kupang, jurnalsumatra.com – Komisi Pemilihan Umum Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), masih melakukan verifikasi administrasi terhadap 41 bakal calon DPD yang menyerahkan syarat dukungan.
Setelah lolos verifikasi administrasi, KPU masih akan melakukan verifikasi faktual untuk memastikan syarat dukungan yang diserahkan ke KPU sebelum ditetapkan menjadi calon, kata Juru Bicara KPU Provinsi NTT, Yosafat Koli kepada Antara di Kupang, Rabu.
Dia mengemukakan hal itu, berkaitan dengan calon DPD yang lolos dari daerah pemilihan NTT pada Pemilu 2019 mendatang.
Menurut dia, dari 41 bakal calon yang memenuhi syarat dukungan, belum tentu lolos menjadi calon karena masih ada tahapan verifikasi yang harus dilalui.
Mengenai verifikasi, dia mengatakan verifikasi faktual yang dilakukan antara lain mencocokkan identitas pendukung pada data softcopy, hardcopy dan fotocopy eKTP/suket.

     Jika salah satu tidak cocok maka bakal calon yang bersangkutan dianggap Tidak Memenuhi Syarat (TMS).
Selain itu, jika petugas menemukan ada pendukung berusia dibawah 17 tahun pada 22 April 2018 keatas, juga akan digugurkan, kecuali sudah menikah.
Verifikasi lain adalah tanda tangan pendukung. Jika tidak ada tanda tangan pendukung pada hardcopy dan atau ada pendukung yang berstatus PNS, TNI, Polri, Kepala desa, perangkat desa, penyelenggara.
Jika tanda tangan di hardcopy dengan di eKTP berbeda maka akan dilakukan klarifikasi.
“Jadi dari hasil verifikasi inilah, bakal calon yang lolos akan diberikan kesempatan untuk mendaftarkan diri sebagai calon DPD untuk ditetapkan menjadi calon,” katanya Yosafat Koli menjelaskan.(anjas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

three × 5 =