Kriminal Turun Lakalantas dan Narkoba Meningkat

Lahat, Sumsel, jurnalsumatra.com – Angka kriminalitas dikabupaten Lahat tahun 2017 menurun drastis dari tahun 2016 lalu, namun kondisi ini berbanding terbalik dengan yang terjadi pada kasus Narkoba dan Lakalantas yang mana mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya. Hal ini jelas akan menjadi PR (Pekerjaan Rumah) dari pihak Polresta Lahat meningkatkan prestasi ditahun 2018 ini.

Kapolres Lahat AKBP M Roby Karya Adi l,Sik mengatakan, pencapaian yang diraih pada tahun 2017 akan menjadi PR untuk diEvaluasi pada tahun ini, dimana dari data yang ada untuk tingkat kriminalitas menurun 12 persen dari tahub 2016 lalu yang mana dari 778 kasus turun menjadi 475 kasus dengan tingkat penyelesaian sebanyak 100 persen.

“Tentu hal ini patut diapresiasi karena akibat kerjasama yang baik dengan Pemkab, Kodim 0405 Lahat serta masyarakat akhirnya angka kriminalitas dapat dicegah dan mudah mudahan tahun 2018 ini menjadi semakin baik,” ujarnya.

Dijelaskannya, hal ini berbanding terbalik dengan angka kasus Narkoba dan Lakalantas yang mana mengalami peningkatan meskipun tahap penyelesaiannya sudah 100 persen. Untuk angka Narkoba tahun 2016 lalu yakni sebanyak 71 kasus sedangkan tahun 2017 tercayat 95 kasus, sedangkan Lakalantas dari 50 kasus naik menjadi 57 kasus.

“Semua anggota Kepolisian sudah berusaha keras untuk mengurangi angka kejahatan, Narkoba dan Lakalantas namun apa dikata semua sudah terjadi dan mudah – mudahan kedepan Polisi dapat bekerja lebih baik lagi,” imbuhnya.

Oleh sebab itu, sambung pria berpangkat melati dua ini, tahun 2018 ini Polresta Lahat akan meningkatkan pola pendekatan kemasyarakat melalui program Babinkamtibmas, karenanya masyarakat jangan takut dan segan memberikan laporan jika ditempat tinggalnya ditemui adanya tindak kejahatan maupun kejadian lakalantas agar dapat dicegah sedini mungkin.

“Untuk sudut yang rawan lakalantas akan dipasang peringatan dan rambu-rambu. Bagi pelanggar juga akan diberikan sanksi sesuai dengan pelanggaran yang ada agar dapat meminimalisir angka Lakalanyas ang ada,” ucapnya lugas. (Din)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

sixteen − 10 =