Kurang Kesadaran Warga Buat Akte Kematian

BANYUASIN, SUMSEL, Jurnalsumatra. com- Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Banyuasin mengalami kesulitan dalam mendata jumlah warga yang meninggal dunia  di Wilayah Kabupaten Banyuasin. Pasalnya masih kurangnya kesadaran warga untuk melapor jika ada yang meninggal dunia  masih  rendah.

Dikatakan Kadis Dukcapil Saukani SE, melalui Kasih Akte Kematian Rasyid,pihaknya seringkali  mengalami kesulitan saat mendata jumlah warga yang meninggal dunia hal ini disebabkan sedikitnya warga  Banyuasin yang melapor.

Akibat minimnya warga yang melapor, lanjutnya  data base kependudukan menjadi tidak akurat. Padahal data ini dibutuhkan oleh semua pihak, termasuk untuk menggelar pilkada serentak di 2018 ini.

“Akibat warga  tidak melapor kami tidak tahu,imbasnya kalau ada yang meninggal dunia maka  didata base menjadi tidak akurat, saat pendataan kependudukan orangnya sudah meninggal  tetapi didata base tetap ada,”ucapnya kepada Jurnalsumatra. com, Senin (26/3/2018).

Untuk itu Disdukcapil mengimbau,kepada warga  jika ada anggota keluarga yang meninggal dunia  untuk segera melaporkan ke RT,Desa, Lurah hingga Disdukcapil.

“Sehingga data kependudukan di Banyuasin menjadi akurat dan tidak ada lagi warga yang sudah meninggal masih tercatat Diduscapil,”terangnya.(Bio/Lubis)

 

Leave a Reply