Kurir Sabu Dicangking Team Walet

Lahat, jurnalsumatra.com – Tak pernah mengenal kata lelah dalam pengungkapan kasus tindak pidana Narkotika diwilayah hukum Polres yang dilakukan oleh Team Walet Polres Lahat dibawa komando AKP Bobby Eltarik SH MH.

Keseriusan Team Walet Polres Lahat yang terdiri dari Kanit I, dan II dalam membrantas dan memerang musuh Negara ini, khususnya diwilayah hukum Polres Lahat, terlihat dari semua tangkapan selama ini. Mulai dari pengedar, kurir, pemakai, dan sampai bandar sekalipun tak luput dari Team tersebut.

Seperti pada Rabu (11/9/2019) pukul 19.00 WIB yang berlokasi di Jl umum samping Pertamina Kota Negara Kabupaaten Lahat, Team Walet Polres Lahat berhasil mencangking tiga tersangka. Dua selaku pengedar shabu, dan satu selaku kurir shabu.

Ketiga terduga selaku tersangka ini, Avriando (23) warga RT 03 RW 01 Kota Baru Kecamatan Laha, Kabupaten Lahat, Perzah Pernando S,Pd (29) warga Kelurahan Kota Baru RT 02 RW 01 Kecamatan Lahat, Kabupaten Lahat, dan Alang Saputra Gautama (23) warga Kelurahan Kota Baru RT 03 RW 01 Kecamatan Lahat, Kabpaten Lahat.

“Penangkapan terhadap ketiga pelaku, dua orang tersangka selaku pengedar dan satu orang sebagai kurir shabu ini, dilokasi yang berbeda beda,” ungkap Kapolres Lahat AKBP Ferry Harahap SIK Msi didampingi Kasat Res Narkoba AKP Bobby Eltarik SH MH, disampaikan Kasubag Humas Polres Lahat IPTU Sabar T melalui AIPTU Lismono SH, Jum’at (13/9/2019).

Menurut Lismono, berdasarkan LP / A- 155  / IX/ 2019 / Sumsel / Res Lahat, Tanggal 11 September 2019 dan ditambah info dari masyarakat bahwa di dekat Rell Pertamina akan ada transaksi Narkoba Team Walet bergerak cepat melakukan pengintaian dilokasi tersebut.

“Setelah sasaran terpantau, sekitar pukul 19.00 WIB, Team Walet berhasil menangkap satu tersangka bernama Avriando di Jl umum samping pertamina. Tapi, ketika diamankan tersangka berusaha membuang 1 paket kecil serbuk kristal yang diduga Narkoba jenis shabu,” tambahnya.

Dijelaskannya, awalnya saat hendak dibekuk tersangka berusaha membuang barang bukti yang ada ditangannya. Dikarenakan kesigapan Team Walet BB itu berhasil ditemukan. Selanjutnya, dilakukan penggeledahan badan di dalam kantong celana sebelah kiri ditemukan 1 kotak warna biru yg berisi 3 paket kecil yg berisi serbuk kristal yg diduga narkoba jenis shabu.

“Dari temuan BB yang ada didalam kantong celana sebelah kiri. Team Walet langsung menggelandang tersangka kekantor guna menjalani proses BAP. Ternyata setelah diperiksa terkuak bahwa BB yang ada padanya, merupakan milik seorang bernama Otong. Tidak itu saja, Avriando juga mengaku barannya masih ada dan dititipkan dirumah Alang,” tegas Lismono.

Dari pengakuan Avriando, diungkapkan Lismono, sekitar pukul 20.00 WIB Team Walet bergerak dan melakukan penggerebekan dirumah kontrakan yang terletak di Jl Rejang Lembayung. Setiba di TKP petugas mengamankan seorang bernama Perzah Pernando alias Otong.

Bahkan diuraikan Lismono, dalam penggerebakan itu, didapat BB berupa 1 batang pirek kaca dan 3 batang pipet plastik, kemudian tersangka dibawa ke Polres Lahat untuk menjalankan pemeriksaan lebih lanjut.

“Di malam yang sama, sekitar pukul 23.00 WIB Team Walet Polres Lahat juga menlakukan penggerebekan di Gang Mawar Talang Jawa Kecamatan Lahat, Kabupaten Lahat dan berhasil menangkap seorang bernama Alang Saputra Gautama, dan ketika petugas menggeledah rumahnya, ditemukan satu bungkus plastik didalam pot kembang yang terletak diruang tamu,” terangnya.

Terakhir, diterangkannya, Team Walet juga mendapatkan dalam 4 empat paket sedang serbuk kristal yaag diduga Narkotika jenis shabu. 1 butir ineks warna hijau berlogo Tengkorak yg diduga Narkotika jenis ineks, 1 buah Timbangan Digital  dan 2 ball plastik klip bening.

“Selain telah mengamankan ketiga tersangka, kita juga mendapatkan barang bukti BB dengan berat brutto shabu 1.08 gram, 3.38 gram dan ineks 0.66 gram. Kini, mereka akan menjalani proses hukum lebih lanjut,” tutup Lismono. (Din)