Kuryana Azis Tinjau Pilkades Serentak Di OKU

Baturaja, Jurnalsumatra.com – Bupati OKU Drs Kuryana Azis bersama Forkopimda) meninjau pelaksanaan pilkades serentak Tahun 2020 Kab OKU, Kamis (05/03/2020). Pelaksanaan pilkades diselenggarakan di 74 desa di 12 Kecamatan dengan 246 calon kepala desa yang pada hari ini melaksanakan pemungutan suara.

Untuk mengetahui pelaksanaan pemungutan suara Pilkades serentak, Bupati bersama unsur Forkopimda dan OPD terkait meninjau ke beberapa desa di Kab OKU.

Adapun pilkades yang ditinjau oleh Bupati OKU yaitu  Desa Laya, Pusar, Karang Endah, Tanjung Karang yang berada di Kecamatan Baturaja Barat. Dilanjutkan ke desa Banuayu  Kecamatan Lubuk Batang, dan terakhir di desa Tanjung Kemala  Kecamatan Baturaja Timur.

Sebagai gambaran calon Kades Laya yang ikut kontestan adalah sebanyak 5 peserta dengan jumlah DPT 1.374 orang. Desa Pusar 4 peserta dengan jumlah DPT 2.605 orang. Desa Karang Endah 2 peserta dengan jumlah DPT 517 orang. Desa Tanjung Karang kandidat kades 2 peserta jumlah DPT 455 orang.

Sedangkan desa Banuayu yang ikut kontestan adalah 5 peserta dengan jumlah DPT 2.111 orang, dan desa Tanjung Kemala 2 peserta jumlah DPT 1.658 orang.

Dari hasil peninjauan tersebut Bupati OKU Drs. H. Kuryana Azis mengapresiai pemungutan suara  Pilkades berjalan lancar, aman dan kondusif, diharapkan suasana kondusif seperti ini berlangsung sampai selesai pada penghitungan suara hingga terpilihnya kepala desa definitif.

Pada sambutannya Bupati OKU Drs. Kuryana Azis menghimbau kepada calon Kades yang ikut dalam pemilihan ini, bagi yang terpilih menjadi Kades hendaknya dapat mengayomi semua warga masyarakat, dan bagi calon Kades yang belum terpilih, hendaknya dapat menerima dengan bijak, ini semua adalah murni pemilihan dari  masyarakat.

“siapapun yang terpilih nantinya, saya himbau agar tidak membeda-bedakan warganya, laksanakan tugas sebai-baiknya untuk mengayomi warga desa. Bagi calon yang belum terpilih agar bias menerima,” himbau Kuryana

Pada kesempatan ini juga, Bupati OKU mengharapkan kepada panitia  pemungutan suara untuk berlaku netral, jujur dan adil tidak memihak salah satu calon Kades.

“saya berharap pada panitia agar melaksanakan pemilihan sebaik-baiknya dengan berlaku netral, jujur dan adil agar tidak memihak pada satu calon kades,” harap Kuryana.

Hadir pada acara ini Dandim 0403 OKU, Kapolres OKU, Mewakili Kajari OKU, Pengadilan Negeri, Asisten I, OPD, Kabag dan Undangan lainnya. (adv)