Lagi, Polres OKI Bongkar “Pabrik” Senpira

Kayuagung, Jurnalsumatra.com – Pembuatan senjata api rakitan (Senpira) di Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) kian marak, meskipun demikian hal ini diiringi dengan gencarnya pengungkapan pembuatan senpira rumahan tersebut.

Hal ini dibuktikan dalam dua pekan ini Polres OKI berhasil mengungkap dua tempat home indsutry di kecamatan Pampangan dan Pangkalan Lampam OKI.

 

Jika sebelumnya penanggkapan di desa Keman Kecamatan Pampangan, kali ini Polres OKI membongkar perakitan senpira di desa Lebung Sukaraja Kecamatan Pangkalan Lampam.

 

Informasi yang dihimpung, Pihak kepolisian menangkap tersangka pembuatan Senpira Dayat bin Subianto (43), warga desa Lebung Sukaraja Selasa (29/5/2018) sekira pukul 09.30 WIB.

 

Penangkapan dipimpin Kasat Reskrim Polres OKI beserta kanit pidum dan tim Opsnal Sat Reskrim Polres OKI beserta Wakapolres OKI Kompol Janton Silaban, S.I.K.

 

Sebelumnya pihak kepolisian mendapatkan informasi tentang adanya salah seorang warga yang membuat dan merakit senjata api ilegal jenis rev dan FN, kemudian dilakukan penggerebekan dan didapati alat-alat serta bahan untuk membuat senjata api rakitan, kemudian ditemukan peluru sebanyak 3 (tiga) butir dan 1 (satu) selonsong.

 

“Pelaku diamankan dalam tanpa adanya perlawanan. Kemudian TSK beserta barang bukti diamankan ke Polres OKI,” ungkap Kapolres OKI AKBP Ade Harianto, didampingi Wakapolres Kompol Janton Silaban S.I.K, melalui kabag Humas Ipda Ilham Parlindungan, Selasa (29/5/2018).

 

Ditambahkannya, dalam pengakuan tersangka, dirinya membuat senpira kurang lebih sudah satu tahun dan telah menghasilkan delapan pucuk senpira, yang jika dijual dengan kisaran harga 1,5 juta hingga 2 juta. sedangkan proses pembuatan dirinya mengaku satu pucuk senpira paling cepat satu minggu. (ata)

 

BB YANG DIAMANKAN

– 1 pucuk senpira jenis rev

– 1 butir peluru senjata panjang

– 2 butir pluru FN

– 1 slongsong

– 1 magazine fn

– 1 alat penjempit besi

– 1 gunting

– 1 gerinda duduk

– 2 gergaji besi

– 3 Obeng

– 13 Mata bor  

– 11 Per

– 4 lempengan besi

– 1 palu

– 3 kunci

– 1 buah ragum

 

RTL

– Amankan TSK & BB ke mapolres OKI

– Lengkapi Mindik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

four × 3 =