Lampung Destinasi Pendidikan Di Indonesia

    Bandarlampung, jurnalsumatra.com – Peran perguruan tinggi dalam UU Nomor 18 Tahun 2002 adalah membentuk sumber daya manusia dalam hal ilmu pengetahuan dan teknologi, sehingga kehadiran perguruan tinggi harus bermanfaat untuk masyarakat.
“Kami berharap Lampung bisa menjadi destinasi pendidikan di Indonesia,” kata Ketua Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (Aptisi) Wilayah II-B Lampung Ir H Firmansyah Y Alfian MBA MSc, di Bandarlampung, Kamis.
Menurut dia, Aptisi Wilayah II-B Lampung saat ini terdiri dari delapan universitas, satu institut, 37 sekolah tinggi, satu politeknik, dan 33 akademi. Sebagai Ketua, Firmansyah menyatakan selalu bekerja keras untuk kemajuan perguruan tinggi swasta di Lampung.
“Kualitas pendidikan harus meningkat,” kata dia.

     Dalam menghadapi era globalisasi seperti ini, katanya lagi, arus informasi sangat kuat. Ia ingin perguruan tinggi swasta di Lampung paling tidak bisa sejajar dengan daerah lain. “Targetnya menjadi destinasi pendidikan di Indonesia,” kata Rektor Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya itu lagi.
Dia juga mengatakan pendidikan berkualitas sangat penting, terlebih setelah diberlakukan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) 2015. Jika pendidikan di Lampung tidak berkualitas, maka bukan tidak mungkin akan hilang. “Apalagi sudah era digital,” kata dia.
Pendidikan ke depan, kata Firmansyah, harus berbasis riset yang diikuti proses investasi. Dengan demikian, kata dia, pendidikan tidak sekadar mengulang materi ajar atau menghafal. Namun, lebih kepada pembelajaran yang produktif.(anjas)

Leave a Reply