Lanal Melonguane Tanam 10.000 Pohon Di Marampit

    Manado, jurnalsumatra.com – Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Melonguane melakukan penanaman sekitar 10.000 pohon, di Marampit, Kabupaten Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara.
“Kegiatan penanaman ini  merupakan wujud kepedulian TNI AL terhadap lingkungan,” kata Kadispen Lantamal VIII Kapten Laut (T) Jusuf Ali, di Manado, Selasa,
Danlanal Melonguane Letkol Marinir Augustinus Purba, dalam sambutan  dibacakan Danposmat Pelda TTU Yoyok pada penanaman itu mengatakan  bahwa lingkungan hidup, ekosistem kita telah banyak mengalami kerusakan.
Lahan di sekitar kita sering terlihat gersang dan banyak hutan yang rusak.
Akibatnya, pada musim hujan rentan sekali mengalami bencana banjir, erosi dan longsor. Sementara, ketika musim kemarau akan mengalami kekeringan.
“Ini merupakan pertanda bahwa kondisi hutan dan lingkungan kita mulai rusak sehingga tidak dapat berfungsi sebagai pengatur tata air bagi kehidupan,” katanya.
Ia menambahkan jika menebang satu pohon, kita harus menanam seribu pohon, supaya ada akar pohon yang mampu untuk menyimpan cadangan air.

      “Oleh sebab itu kepada seluruh masyarakat agar sadar akan pentingnya hutan kita dan berpartisipasi secara aktif dalam mewujudkan hutan dan lingkungan alam yang baik dan lestari,” katanya.
Penanaman pohon itu kerja sama  Lanal Melonguane dengan Balai Pengeloaan DAS Tondano – Persemaian Kima Atas, Balai Penelitian dan Pengembangan Lingkungan Hidup dan Kehutanan (BP2LHK) beserta Muspika dan Masyarakat di Desa Marampit.
Adapun jenis pohon yang ditanam adalah Pohon kayu seperti Gaharu, Nantu (Cempaka) dan pohon buah seperti duku, matoa dan lain sebagainya.(anjas)

Leave a Reply